Sitohang, Elyza Rei Melda (2010) PENGARUH PEMBELAJARAN KOOPERATIF METODE TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS CATATAN KAKI OLEH SISWA KELAS XI SMA SANTO THOMAS 3 MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2010/2011. Undergraduate thesis, UNIMED.
COMPER.pdf - Published Version
Download (62kB) | Preview
ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (75kB) | Preview
KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (224kB) | Preview
DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (159kB) | Preview
DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (56kB) | Preview
DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (173kB) | Preview
BAB I.pdf - Published Version
Download (633kB) | Preview
BAB V.pdf - Published Version
Download (108kB) | Preview
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (329kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran kooperatif metode Teams Games Tournament (TGT) terhadap peningkatan kemampuan menulis catatan kaki oleh siswa kelas XI SMA Santo Thomas 3 Medan Tahun Pembelajaran 2010/2011.
Populasi dalam penelitian ini berjumlah 198 orang yang terdiri dari lima kelas. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 40 orang yang diambil dengan teknik Cluster Sampling yaitu kelas XI-1. Instrumen yang digunakan untuk menjaring data adalah tes essay.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimental semu (quasi experimental research), dengan model one group pretest posttest desaign. Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan
Dari pengolahan data diperoleh hasil pretest dengan rata-rata 63,25, standar deviasi = 6,85 dan termasuk pada kategori baik sebanyak 30%, kategori cukup sebanyak 62,5%, kategori kurang sebanyak 7,5%. Hasil posttest dengan rata-rata 83, standar deviasi = 5,09, dan termasuk pada kategori sangat baik sebanyak 60%, kategori baik sebanyak 40%. Dari uji data hasil pretest dan posttest berdistribusi normal. Dari uji teori homogenitas didapat bahwa sampel penelitian ini berasal dari populasi yang homogen. Setelah uji normalitas dan uji homogenitas, didapatlah t0 = 14,62, selanjutnya t0 diketahui kemudian dikonsultasikan dengan ttabel pada taraf signifikasi 5% dengan df = N-1 = 40-1 = 39. Dari df = 39 diperoleh taraf signifikasi 5% = 2,03, karena t0 yang diperoleh lebih besar dari ttabel yaitu 14,62 > 2,03, maka hipotesis nihil (H0) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima.
Akhirnya dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan atas penggunaan pembelajaran kooperatif metode Teams Games Tournament (TGT) terhadap peningkatan kemampuan menulis catatan kaki siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | Sk-2010 IND |
Keywords: | Metode Teams Games Tournament,Menulis,Catatan Kaki |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P118 Language acquisition |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 07 Mar 2017 07:04 |
Last Modified: | 07 Mar 2017 07:04 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/23608 |