Anjani, Dwi Sri (2010) EFEKTIVITAS METODE PEMBELAJARAN DEBAT TERHADAP KEMAMPUAN BERARGUMENTASI DALAM PEMBELAJARAN KETERAMPILAN BERBICARA OLEH SISWA KELAS X SMA NEGERI 18 MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.
sampul dwi.pdf - Published Version
Download (45kB) | Preview
ABSTRAK YANG SUDH DIREVISI DAN AKAN DIPRIN.pdf - Published Version
Download (141kB) | Preview
DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (60kB) | Preview
DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (31kB) | Preview
DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (32kB) | Preview
BAB I.pdf - Published Version
Download (282kB) | Preview
BAB V.pdf - Published Version
Download (174kB) | Preview
DAFTAR PUSTAKA DUI.pdf - Published Version
Download (373kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan efektivitas metode debat terdapat kemampuan berargumentasi siswa pada pembelajaran keterampilan berbicara siswa kelas X SMA Negeri 18 Medan. Masalah yang diteliti adalah apakah metode pembelajaran debat dapat meningkatkan kemampuan berargumentasi siswa kelas X SMA Negeri 18 Medan tahun ajaran 2010- 2011. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode analisis komparasi, sebab penelitian ini dilakukan untuk melihat perbedaan kemampuan berargumentasi siswa yang diajar dengan menggunakan mtode debat dan metode diskusi berdasarkan perbedaan nilai rata-rata. Data yang digunakan sebagai alat pengumpul data berupa lembar observasi dalam bentuk pengamatan. Sampel dipilih dengan menggunakan teknik random sampling. Dari 6 kelas dengan 235 siswa/i, maka kelas X2 sebanyak 40 orang terpilih sebagai sampel. Teknik analisis yang digunakan adalah T test. Hasil penelitian menunjukkan nilai rata-rata siswa yang diajar dengan menggunakan metode pembelajaran debat sebesar 85,40 lebih tinggi dari nilai rata-rata siswa yang diajar dengan menggunakan diskusi dengan nilai 78,42. Dengan demikian terbukti melalui hasil penelitian yakni nilai pada “t tabel” dengan df 80-2=78 pada taraf signifikansi 1% = 2,608. Karena itu “th” (3.73) yang diperoleh lebih besar dari ttabel yaitu = 1, 992. Dengan demikian 1,992 < 3,73 dan 3,73 > 2,68, maka hipotesis (ho) ditolak dan hipotesis ha (alternatif) diterima. Dengan demikian metode pembelajaran debat lebih efektif untuk meningkatkan kemampuan berargumentasi siswa dalam pembelajaran keterampilan berbicara pada siswa kelas X SMA Negeri 18 Medan tahun Ajaran 2010-2011
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | sk-2010 ind |
Keywords: | Metode Pembelajaran Debat,Berargumentasi |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P321 Etymology |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 07 Mar 2017 03:02 |
Last Modified: | 07 Mar 2017 03:02 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/23599 |