Hasibuan, Winda Purnama Sari (2017) PENGARUH MODEL PETA PIKIRAN TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS PIDATO OLEH SISWA KELAS IX SMP NEGERI 17 MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 211311076 COVER.pdf - Published Version
Download (50kB) | Preview
2. NIM. 211311076 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (339kB) | Preview
3. NIM. 211311076 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
4. NIM. 211311076 PREFACE.pdf - Published Version
Download (225kB) | Preview
5. NIM. 211311076 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (277kB) | Preview
6. NIM. 211311076 TABLES.pdf - Published Version
Download (166kB) | Preview
7. NIM. 211311076 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (123kB) | Preview
8. NIM. 211311076 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (365kB) | Preview
12. NIM. 211311076 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (103kB) | Preview
13. NIM. 211311076 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (89kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model
peta pikiran terhadap kemampuan menulis teks pidato oleh siswa kelas IX
SMP Negeri 17 Medan Tahun Pembelajaran 2016/2017. Populasi penelitian ini
adalah seluruh siswa kelas IX SMP Negeri 17 Medan sebanyak 218 orang.
Metode dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan desain one group
pre-test post-test. Instrumen yang digunakan adalah tes essai.
Dari pengolahan data diperoleh nilai rata-rata pre-test = 64,37 , standar
deviasi = 7, 88, dan termasuk kategori sangat baik sebanyak 0 orang atau 0%,
kategori baik sebanyak 13 siswa atau 40,62%, kategori cukup sebanyak 16 orang
atau 50 %, kategori. Nilai rata-rata post-test = 81,09%, standar deviasi = 7,04, dan
termasuk kategori sangat baik sebanyak 15 orang atau 46,87%, kategori baik
sebanyak 15 orang atau 46,87 %, kategori cukup sebanyak 2 orang atau 6,25 %.
Berdasarkan uji normalitas, hasil pret-test dan post-test dinyatakan dalam
distribusi normal. Kemudian, berdasarkan uji homogenitas dinyatakan bahwa
sampel berasal dari populasi yang homogen. Setelah uji normalitas dan
homogenitas, didapatlah to sebesar 7,15 dengan tabel t pada taraf signifikan 5%
dengan df= N-1 = 32-1 = 31 diperoleh nilai ttabel 8,00. Hasil tersebut
menunjukkan nilai thitung yaitu 6,26 > 2.04, maka hipotesis nihil (Ho) ditolak dan
hipotesis alternatif (Ha) diterima.
Berdasarkan analisis data dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh
yang signifikan atas penggunaan model peta pikiran terhadap kemampuan menulis
teks pidato oleh siswa kelas IX SMP Negeri 17 Medan Tahun Pembelajaran
2016/2017
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 IND 024 |
Keywords: | Peta Pikiran, Menulis Teks Pidato, Model Peta |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P95 Oral communication. Speech |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 06 Mar 2017 02:24 |
Last Modified: | 06 Mar 2017 02:24 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/23562 |