Rianita, Rahima (2017) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH BERBANTUAN PETA PIKIRAN (MIND MAP) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK HUKUM NEWTON TENTANGGERAK DAN GRAVITASI DIKELAS XI SEMESTER I SMA NEGERI 3 BINJAI T.P. 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM (4123321040) COVER.pdf - Published Version
Download (37kB) | Preview
2. NIM (4123321040) APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (2MB) | Preview
3. NIM (4123321040) ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (37kB) | Preview
4. NIM (4123321040) PREFACE.pdf - Published Version
Download (63kB) | Preview
5. NIM (4123321040) TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (61kB) | Preview
6. NIM (4123321040) ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (34kB) | Preview
7. NIM (4123321040) APPENDIC.pdf - Published Version
Download (35kB) | Preview
8. NIM (4123321040) TABLE.pdf - Published Version
Download (34kB) | Preview
9. NIM (4123321040) CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (199kB) | Preview
13. NIM (4123321040) CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (53kB) | Preview
14. NIM (4123321040) BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (62kB) | Preview
Abstract
Penelitian bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran berbasis masalah berbantuan peta pikiran (mind map) terhadap hasil belajar fisika siswa pada materi pokok hukum newton tentang gerak dan gravitasi.
Jenis penelitian adalah quasi experiment dengan menggunakan desain penelitian pre-test postest control group design. Penelitian dilaksanakan di SMAN 3 Binjai dengan teknik pengambilan sampel secara cluster random sampling dan pemilihan kelas dilakukan secara random, didapatkan siswa kelas XI-IPA 4 sebagai kelas yang diterapkan model pembelajaran berbasis masalah berbantuan peta pikiran (mind map) dan kelas XI-IPA 5 sebagai kelas pembelajaran konvensional yang masing-masing berjumlah 32 siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian adalah tes essay dengan jumlah soal 10 item. Analisis data menggunakan uji t pada taraf signifikansi 5% dengan uji prasyarat normalitas dan homogenitas. Hasil penelitian diperoleh rata-rata pre-test kelas dengan model pembelajaran berbasis masalah berbantuan peta pikiran (mind map) adalah 38,81 dan kelas dengan pembelajaran konvensional adalah 35,15 sedangkan rata-rata post-test kelas dengan model pembelajaran berbasis masalah berbantuan peta pikiran (mind map) adalah 67,50 dan kelas dengan pembelajaran konvensional adalah 54,68. Hasil uji hipotesis dengan uji t diperoleh (6,10> 1,669), menunjukkan hasil belajar fisika dengan model pembelajaran berbasis masalah berbantuan peta pikiran (mind map) lebih besar daripada hasil belajar model pembelajaran konvensional. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh model pembelajaran berbasis masalah berbantuan peta pikiran (mind map) terhadap hasil belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 FIS 047 |
Keywords: | Pembelajaran berbasis masalah; Konvensional; Mind map; Quasi experiment |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QC Physics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 03 Mar 2017 08:59 |
Last Modified: | 03 Mar 2017 08:59 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/23556 |