Berutu, Sari Malum (2017) PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KETERAMPILAN MEMECAHKAN MASALAH AUTENTIK SISWA PADA MATERI POKOK HUKUM NEWTON KELAS X SEMESTER I SMA NEGERI 1 SEI SUKA T.A 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.
01. NIM (4123321048) COVER.pdf - Published Version
Download (35kB) | Preview
02. NIM (4123321048) LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (269kB) | Preview
03. NIM (4123321048) ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (37kB) | Preview
04. NIM (4123321048) KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (108kB) | Preview
05. NIM (4123321048) DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (170kB) | Preview
06. NIM (4123321048) DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (156kB) | Preview
07. NIM (4123321048) DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (149kB) | Preview
08. NIM (4123321048) DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
9. NIM (4123321048) BAB I.pdf - Published Version
Download (459kB) | Preview
13. NIM (4123321048) BAB V.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
14. NIM (4123321048) DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (140kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Keterampilan Memecahkan Masalah Autentik Siswa Pada Materi Pokok Hukum Newton Kelas X Semester I Sma Negeri 1 Sei Suka T.A 2016/2017. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas X Semester I SMA N 1 Sei Suka yang terdiri dari 5 kelas. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara cluster random sampling dengan mengambil 2 kelas dari 5 kelas secara acak yaitu kelas X MIA 2 sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 40 orang dan kelas X MIA 3 sebagai kelas kontrol yang berjumlah 40 orang. Instrumen yang digunakan untuk mengetahui hasil belajar siswa adalah tes hasil belajar dalam bentuk Essay test dengan jumlah 10 soal. Berdasarkan analisa data diperoleh hasil pretes dan postes kedua kelas yang berdistribusi normal dan berasal dari kelompok yang homogen. Hasil postes diperoleh rata-rata kelas eksperimen yang menggunakan model Problem Based Learning sebesar 83,65 dengan standar deviasi 7.98 dan di kelas kontrol diperoleh nilai rata-rata postes siswa sebesar 70,95 dengan standar deviasi 8,62. Hasil uji normalitas data postes untuk kelas eksperimen diperoleh Lhitung < Ltabel 0,1246 < 0,1401, sedangkan untuk kelas control Lhitung < Ltabel 0,0438< 0,1401 sehingga disimpulkan bahwa data postes dari kedua kelas berdistribusi normal.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 FIS 052 |
Keywords: | Pembelajaran dengan model problem based learning; Hasil belajar; Aktivitas |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QC Physics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 03 Mar 2017 07:52 |
Last Modified: | 03 Mar 2017 07:52 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/23553 |