Dzulfyani, Ria (2017) MENINGKATKAN KOMUNIKASI MATEMATIKA SISWA MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF THINK – PAIR – SHARE PADA POKOK BAHASAN APROKSIMASI KESALAHAN DI KELAS X SMK NEGERI 2 SIBOLGA T.A 2016 / 2017. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM.4123111064-COVER.pdf - Published Version
Download (37kB) | Preview
2. NIM.4123111064-LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (298kB) | Preview
3. NIM.4123111064-ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (47kB) | Preview
4. NIM.4123111064-KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (63kB) | Preview
5.NIM.4123111064-DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (86kB) | Preview
6.NIM.4123111064-DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (58kB) | Preview
7.NIM.41231111064-DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (33kB) | Preview
8.NIM.4123111064-DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (58kB) | Preview
9. NIM.4123111064-BAB I.pdf - Published Version
Download (482kB) | Preview
13. NIM.4123111064-BAB V.pdf - Published Version
Download (103kB) | Preview
14. NIM.4123111064-DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (87kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan komunikasi siswa melalui penerapan model pembelajaran kooperatif Think-Pair-Share (TPS) pada materi aproksimasi kesalahan di kelas X-TSM-I SMK Negeri 2 Sibolga. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X-TSM-I SMK Negeri 2 Sibolga T.A 2016/2017 yang berjumlah 35 orang. Objek penelitian ini adalah kemampuan komunikasi matematika siswa melalui pembelajaran kooperatif think-pair-share di kelas X SMK Negeri 2 Sibolga tahun ajaran 2016/2017.
Berdasarkan analisis data setelah pemberian tindakan pada siklus I melalui pemberian tes kemampuan komunikasi matematika I diperoleh 19 siswa (54,29%) dari 32 siswa telah mencapai ketuntasan belajar (nilainya 70). Setelah tindakan II, melalui pemberian tes kemampuan komunikasi matematika II diperoleh 33 siswa (94,29%) dari 35 siswa yang telah mencapai ketuntasan belajar (nilainya 70). Terjadi peningkatan persentase ketuntasan klasikal sebesar 40%. Berdasarkan kriteria ketuntasan klasikal maka persentase ketuntasan ini sudah memenuhi. Nilai rata-rata pada tes kemampuan komunikasi matematika pada siklus I yaitu 68,21 dan pada siklus II meningkat menjadi 80,89. Peningkatatan nilai rata-rata yaitu sebesar 12,68 dengan Gain Skor sebesar 0,39 yang berada pada kategori sedang. Berdasarkan uraian-uraian di atas disimpulkan komunikasi matematika siswa meningkat dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Think-Pair-Share (TPS) pada materi aproksimasi kesalahan di kelas X-TSM-1 SMK Negeri 2 Sibolga T.A 2016/2017.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 MAT 049 |
Keywords: | Model pembelajaran kooperatif tipe think-pair-share; Konvensional; Kemampuan komunikasi matematika; Aproksimasi kesalahan |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LB Theory and practice of education > LB1705 Education and training of teachers and administrators > LB1775 Professional aspects of teaching and school administrators. Vocational guidance Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 03 Mar 2017 03:29 |
Last Modified: | 03 Mar 2017 03:29 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/23536 |