Permana, Rizky Ikhwan (2017) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS SISWA DI SMP NEGERI 1 BINJAI T.A. 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. 4123111070 COVER.pdf - Published Version
Download (67kB) | Preview
2. 4123111070 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (170kB) | Preview
3. 4123111070 RIWAYAT HIDUP.pdf - Published Version
Download (126kB) | Preview
4. 4123111070 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (183kB) | Preview
5. 4123111070 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (225kB) | Preview
6. 4123111070 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (97kB) | Preview
7. 4123111070 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (48kB) | Preview
8. 4123111070 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (90kB) | Preview
9. 4123111070 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (92kB) | Preview
10. 4123111070 BAB I.pdf - Published Version
Download (762kB) | Preview
14. 4123111070 BAB V.pdf - Published Version
Download (170kB) | Preview
15. 4123111070 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (238kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk : Peningkatan kemampuan penalaran matematis siswa setelah diterapkannya model pembelajaran Student Teams Achievement Division. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian yaitu siswa kelas VII-2 yang berjumlah 36 siswa. Objek penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran Student Teams Achievement Division untuk meningkatkan kemampuan penalaran matematis siswa.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri atas 2 siklus. Pada siklus I kemampuan penalaran matematis siswa masih dalam kategori cukup, yaitu nilai rata-rata 70,83 dengan 20 siswa dari 36 siswa telah mencapai kemampuan penalaran ≥ 70. Pada siklus I ini, kemampuan penalaran secara klasikal belum tercapai karena masih 55,56%, sehingga pembelajaran dilanjutkan ke siklus II. Pada siklus II kemampuan penalaran matematis siswa dalam kategori tinggi, yaitu nilai rata-rata 84,72 dengan 32 siswa dari 36 siswa telah mencapai kemampuan penalaran ≥ 70. Pada siklus II ini, kemampuan penalaran secara klasikal sudah tercapai yaitu sebesar 88,89%, maka tindakan dihentikan. Berdasarkan hasil kemampuan penalaran siswa dari siklus I ke siklus II disimpulkan bahwa dengan model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Division dapat meningkatkan kemampuan penalaran matematis siswa. Pembelajaran matematika dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Division pada siklus I dikatakan tidak efektif, karena salah satu indikator efektivitas pembelajaran yaitu ketuntasan klasikal tes kemampuan penalaran matematis siswa tidak mencapai 85% yaitu 55,56%. Sedangkan pada siklus II pembelajaran dikatakan efektif karena ketuntasan klasikal tes kemampuan penalaran matematis siswa telah mencapai 85% yaitu 88,89% dan terdapat respon positif dari siswa terhadap pembelajaran yang telah dilaksanakan, terlihat dari banyaknya siswa yang mulai percaya diri untuk mempresentasikan hasil diskusinya di depan kelas.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 MAT 043 |
Keywords: | Student teams achievement division; Kemampuan penalaran matematis |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 03 Mar 2017 03:15 |
Last Modified: | 03 Mar 2017 03:15 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/23531 |