Lestari, Ridha (2016) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION (GI) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA PADA MATERI EKSPONEN KELAS X SMK TRITECH INFORMATIKA MEDAN T.A 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 4123311044 COVER.pdf - Published Version
Download (77kB) | Preview
2. NIM 4123311044 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (215kB) | Preview
3. NIM 4123311044 RIWAYAT HIDUP.pdf - Published Version
Download (47kB) | Preview
4. NIM 4123311044 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (101kB) | Preview
5. NIM 4123311044 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (144kB) | Preview
6. NIM 4123311044 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (134kB) | Preview
7. NIM 4123311044 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (48kB) | Preview
8. NIM 4123311044 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (90kB) | Preview
9. NIM 4123311044 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (92kB) | Preview
10. NIM 4123311044 BAB I.pdf - Published Version
Download (857kB) | Preview
14. NIM 4123311044 BAB V.pdf - Published Version
Download (135kB) | Preview
15. NIM 4123311044 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (227kB) | Preview
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah pembelajaran menggunakan model pembelajaran Group Investigation (GI) dapat meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa. Penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui bagaimana gambaran kemampuan berpikir kreatif siswa dalam pembelajaran “Eksponen” di kelas X SMK Tritech Informatika Medan. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (classroom action research). Penelitian ini digunakan untuk mengungkapkan kendala dan kesulitan yang dialami siswa dalam menyelesaikan permasalahan dalam eksponen. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X-TKJ SMK Tritech Informatika Medan yang berjumlah 25 orang. Yang menjadi objek penelitian ini adalah model pembelajaran Group Investigation (GI) untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa kelas X-TKJ SMK Tritech Informatika Medan. Instrumen penelitian dalam mengumpulkan data adalah tes awal, tes berpikir kreatif, dan observasi. Penelitian ini terdiri dari 2 siklus. Dari tes awal yang diperoleh nilai rata-rata 2,04 dengan tingkat ketuntasan 20%. Dari tes berpikir kreatif I yang diperoleh nilai rata-rata 2,45 dengan tingkat ketuntasan adalah 44%. Dari tes berpikir kreatif II yang diperoleh nilai rata-rata 3,22 degan tingkat ketuntasan belajar 84%. Berdasarkan hasil observasi guru yang dilakukan observer diperoleh pengelolaan pembelajaran yang dilaksanakan peneliti pada siklus I termasuk dalam kategori baik dengan nilai 80,33. Siklus II dalam kategori baik dengan nilai 92,85.
Berdasarkan uraian diatas disimpulkan penerapan model pembelajaran Group Investigation (GI) dapat kemampuan berpikir kreatif siswa pada materi eksponen tahun ajaran 2016/2017.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 MAT 042 |
Keywords: | Pembelajaran kooperatif; Group investigation; Berpikir kreatif |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LB Theory and practice of education > LB1705 Education and training of teachers and administrators > LB1775 Professional aspects of teaching and school administrators. Vocational guidance Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 03 Mar 2017 03:12 |
Last Modified: | 03 Mar 2017 03:12 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/23530 |