Manalu, Dicky Paradiba (2016) UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIKA SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DI KELAS X SMA NEGERI 1 KUTALIMBARU T.A 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 4123311011 COVER.pdf - Published Version
Download (61kB) | Preview
2. NIM 4123311011 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
3. NIM 4123311011 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
4. NIM 4123311011 PREFACE.pdf - Published Version
Download (157kB) | Preview
5. NIM 4123311011 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (130kB) | Preview
6. NIM 4123311011 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (46kB) | Preview
7. NIM 4123311011 TABLES.pdf - Published Version
Download (87kB) | Preview
8. NIM 4123311011 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (87kB) | Preview
9. NIM 4123311011 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (659kB) | Preview
13. NIM 4123311011 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (279kB) | Preview
14. NIM 4123311011 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (219kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengetahui strategi penerapan model pembelajaran problem based learning untuk meningkatkan kemampuan penalaran matematika siswa. (2) Mengetahui peningkatan kemampuan penalaran matematika siswa melalui penerapan model pembelajaran problem based learning. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research). Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X-1 SMA Negeri 1 Kutalimbaru yang berjumlah 32 orang sedangkan objek dalam penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran problem based learning untuk meningkatkan kemampuan penalaran matematika siswa pada materi Fungsi Kuadrat tahun ajaran 2016/2017. Dari hasil penelitian diperoleh bahwa kemampuan penalaran matematika siswa pada siklus I belum memenuhi indikator keberhasilan karena persentase banyak siswa yang memperoleh nilai minimal 70 adalah 40,62% sedangkan indikator keberhasilan yang ingin dicapai adalah terdapat 80% siswa yang memiliki nilai minimal 70. Pada siklus II kemampuan penlaran matematika siswa sudah mencapai indikator keberhasilan yaitu 87,5% siswa sudah mencapai nilai minimal 70. Karena semua indikator sudah dipenuhi maka kemampuan penalaran matematika siswa dalam pembelajaran pada siklus II telah memenuhi indikator keberhasilan. Sehingga, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran problem based learning dapat meningkatkan kemampuan penalaran matematika siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 MAT 046 |
Keywords: | Penalaran; Problem based learning; Fungsi; Kuadrat |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 03 Mar 2017 03:03 |
Last Modified: | 03 Mar 2017 03:03 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/23528 |