Simanjuntak, Tyo Lambok (2017) UPAYA MENINGKATKAN MINAT DAN HASIL BELAJAR PKN MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD (STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION) PADA SISWA KELAS VII DI SMP NEGERI 1 SIBORONGBORONG TAHUN 2012/2013. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM 8116122019 COVER.pdf - Published Version
Download (69kB) | Preview
2. NIM 8116122019 PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (253kB) | Preview
3. NIM 8116122019 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (68kB) | Preview
4. NIM 8116122019 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (183kB) | Preview
5. NIM 8116122019 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (66kB) | Preview
6. NIM 8116122019 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (37kB) | Preview
7. NIM 8116122019 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (34kB) | Preview
8. NIM 8116122019 BAB I.pdf - Published Version
Download (371kB) | Preview
12. NIM 8116122019 BAB V.pdf - Published Version
Download (157kB) | Preview
13. NIM 8116122019 DAFTAR PUTAKA.pdf - Published Version
Download (194kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini dilakukan dengan penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk meningkatkan minat siswa mengikuti proses pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) dan hasil belajar melalui penerapan Model Pembelajaran Koperatif Tipe STAD (Student Teams Achievement Division). Penelitian ini dilaksanakan kepada semua siswa kelas VII yang berjumlah 33 orang. PTK dilakukan dalam dua siklus. Data penelitian ini dikumpulkan dengan keterangan dan tes hasil belajar. Data dianalisis dengan mempergunakan teknik : (1) reduksi data, (2) deskriptif, dan (3) verifikasi atau penarikan kesimpulan berdasarkan Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) sesuai dengan penilaian yang berlaku dalam Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) SMP Negeri 1 Siborongborong. Kondisi awal minat siswa sebelum pelaksanaan tindakan adalah 6,06%, dan hasil analisis menunjukkan bahwa penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD (Student Teams Achievement Division) dapat meningkatkan minat belajar menjadi 24,24% pada siklus I dan meningkat lagi menjadi 84,85% pada siklus II. Hasil belajar siswa meningkat yaitu 9,09% pada kondisi awal, menjadi 54,55% pada Siklus I dan meningkat lagi menjadi 90,91% padasiklus II. Hasil penelitian ini diharapkan dapat menjadi masukan yang berharga bagi para guru PKn untuk dapat memilih dan mengembangkan model pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik siswa dan materi yang dipelajari. Pembelajaran agar menjadi efisien, efektif, berdaya tarik, dan humanis mengingat fungsi, tujuan, dan ruang lingkup PKn yang strategis dalam mendorong terjadinya transformasi dalam kehidupan berakhlak mulia, beriman, dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 372.832 Sim u |
Keywords: | Pembelajaran kooperatif tipe STAD; Hasil belajar; Minat |
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Teknologi Pendidikan |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 02 Mar 2017 08:53 |
Last Modified: | 02 Mar 2017 08:53 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/23517 |