Jurnala, Yessi (2017) PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PENDEKATAN REALISTIK UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS DAN SELF-EFFICACY SISWA SMP LHOKSEUMAWE. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM 8146171089 COVER.pdf - Published Version
Download (43kB) | Preview
2. NIM 8146171089 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (452kB) | Preview
3. NIM 8146171089 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (144kB) | Preview
4. NIM 8146171089 PREFACE.pdf - Published Version
Download (270kB) | Preview
5. NIM 8146171089 TABLE OF CONTENT (2).pdf - Published Version
Download (173kB) | Preview
6. NIM 8146171089 TABLES.pdf - Published Version
Download (140kB) | Preview
7. NIM 8146171089 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (140kB) | Preview
8. NIM 8146171089 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (468kB) | Preview
12. NIM 8146171089 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (171kB) | Preview
13. NIM 8146171089 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (471kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk : 1) mendeskripsikan kemampuan komunikasi matematis siswa melalui model pembelajaran berbasis pendekatan realistik; 2) mendeskripsikan peningkatan self-efficacy matematis siswa melalui model pembelajaran berbasis pendekatan realistik; 3) mengembangkan model pendekatan realistik dalam meningkatkan kemampuan komunikasi dan self-efficacy matematis siswa yang efektif; 4) menemukan pendekatan realistik yang efektif dalam meningkatkan kemampuan komunikasi dan self-efficacy matematis siswa; 5) mendeskripsikan respon siswa terhadap pengembangan model pembelajaran berbasis pendekatan realistik yang dikembangkan dalam meningkatkan kemampuan komunikasi dan self-efficacy matematis siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian model pengembangan Plomp, yang dikemukakan oleh Plomp. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar validasi, tes kemampuan komunikasi matematis dan angket self-efficacy. Hasil penelitian menunjukkan model pembelajaran berbasis pendekatan realistik telah memenuhi kualitas valid, praktis dan efektif. Adapun tahap-tahap dalam pengembangan model ini adalah tahap investigasi awal, tahap desain, tahap realisasi, dan tahap tes, evaluasi dan revisi. Adapun sintaks model pembelajaran berbasis pendekatan realistik adalah (1) memahami masalah kontekstual, (2) menjelaskan masalah kontekstual, (3) menyelesaikan masalah kontekstual dengan menggunakan media/alat peraga goeboard, (4) membandingkan/mendiskusikan jawaban dengan menggunakan media/alat peraga goeboard, (5) menyimpulkan.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 510.071 Jur p |
Keywords: | Pengembangan model pembelajaran; Model plomp; Pendekatan realistik; Komunikasi matematis; Self efficacy |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 02 Mar 2017 08:47 |
Last Modified: | 02 Mar 2017 08:47 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/23515 |