PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DAN KEMAMPUAN NUMERIK TERHADAP KETRAMPILAN PEMECAHAN MASALAH FISIKA SISWA

Haflah (2017) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DAN KEMAMPUAN NUMERIK TERHADAP KETRAMPILAN PEMECAHAN MASALAH FISIKA SISWA. Masters thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM. 8146175012 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM. 8146175012 COVER.pdf - Published Version

Download (66kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM. 8146175012 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM. 8146175012 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (400kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM. 8146175012 ABSTRACK.pdf]
Preview
Text
3. NIM. 8146175012 ABSTRACK.pdf - Published Version

Download (258kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM. 8146175012 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. NIM. 8146175012 PREFACE.pdf - Published Version

Download (243kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM. 8146175012 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM. 8146175012 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (324kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM. 8146175012 TABLES.pdf]
Preview
Text
6. NIM. 8146175012 TABLES.pdf - Published Version

Download (192kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM. 8146175012 ILLUSTRATION.pdf]
Preview
Text
7. NIM. 8146175012 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (154kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM. 8146175012 APPENDICES.pdf]
Preview
Text
8. NIM. 8146175012 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (155kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM. 8146175012 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
9. NIM. 8146175012 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (482kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM. 8146175012 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
13. NIM. 8146175012 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (140kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM. 8146175012 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
14. NIM. 8146175012 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (307kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis perbedaan ketrampilan pemecahan masalah fisika siswa yang menggunakan model pembelajaran problem based learning dan model pembelajaran direct instruction, perbedaan ketrampilan pemecahan masalah fisika siswa pada kelompok kemampuan numerik di atas rata – rata dan kelompok kemampuan numerik di bawah rata - rata, serta interaksi antara model pembelajaran problem based learning dan model pembelajaran direct instruction dengan kemampuan numerik terhadap ketrampilan pemecahan masalah fisika siswa. Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen. Pemilihan sampel diambil secara cluster random sampling sebanyak dua kelas, kelas eksperimen diajarkan dengan model pembelajaran problem based learning dan kelas kontrol dengan model pembelajaran direct instruction. Instrumen yang digunakan terdiri dari tes ketrampilan pemecahan masalah dan tes kemampuan numerik. Data dalam penelitian ini dianalisis dengan anava dua jalur. Hasil penelitian menunjukan bahwa ketrampilan pemecahan masalah autentik siswa yang menggunakan model pembelajaran problem based learning lebih baik dibandingkan model pembelajaran direct instruction, ketrampilan pemecahan masalah autentik siswa pada kelompok kemampuan numerik di atas rata – rata lebih baik dibandingkan dengan kelompok kemampuan numerik di bawah rata – rata, dan terdapat interaksi antara model pembelajaran problem based learning dan model pembelajaran direct instruction dengan kemampuan numerik dalam meningkatkan ketrampilan pemecahan masalah autentik fisika siswa.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: 530.071 Haf p
Keywords: Model pembelajaran; PBL; Kemampuan numerik; Keterampilan pemecahan masalah
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QC Physics
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Fisika
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 02 Mar 2017 08:32
Last Modified: 02 Mar 2017 08:32
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/23510

Actions (login required)

View Item
View Item