Haflah (2017) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DAN KEMAMPUAN NUMERIK TERHADAP KETRAMPILAN PEMECAHAN MASALAH FISIKA SISWA. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM. 8146175012 COVER.pdf - Published Version
Download (66kB) | Preview
2. NIM. 8146175012 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (400kB) | Preview
3. NIM. 8146175012 ABSTRACK.pdf - Published Version
Download (258kB) | Preview
4. NIM. 8146175012 PREFACE.pdf - Published Version
Download (243kB) | Preview
5. NIM. 8146175012 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (324kB) | Preview
6. NIM. 8146175012 TABLES.pdf - Published Version
Download (192kB) | Preview
7. NIM. 8146175012 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (154kB) | Preview
8. NIM. 8146175012 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (155kB) | Preview
9. NIM. 8146175012 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (482kB) | Preview
13. NIM. 8146175012 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (140kB) | Preview
14. NIM. 8146175012 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (307kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis perbedaan ketrampilan pemecahan masalah fisika siswa yang menggunakan model pembelajaran problem based learning dan model pembelajaran direct instruction, perbedaan ketrampilan pemecahan masalah fisika siswa pada kelompok kemampuan numerik di atas rata – rata dan kelompok kemampuan numerik di bawah rata - rata, serta interaksi antara model pembelajaran problem based learning dan model pembelajaran direct instruction dengan kemampuan numerik terhadap ketrampilan pemecahan masalah fisika siswa. Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen. Pemilihan sampel diambil secara cluster random sampling sebanyak dua kelas, kelas eksperimen diajarkan dengan model pembelajaran problem based learning dan kelas kontrol dengan model pembelajaran direct instruction. Instrumen yang digunakan terdiri dari tes ketrampilan pemecahan masalah dan tes kemampuan numerik. Data dalam penelitian ini dianalisis dengan anava dua jalur. Hasil penelitian menunjukan bahwa ketrampilan pemecahan masalah autentik siswa yang menggunakan model pembelajaran problem based learning lebih baik dibandingkan model pembelajaran direct instruction, ketrampilan pemecahan masalah autentik siswa pada kelompok kemampuan numerik di atas rata – rata lebih baik dibandingkan dengan kelompok kemampuan numerik di bawah rata – rata, dan terdapat interaksi antara model pembelajaran problem based learning dan model pembelajaran direct instruction dengan kemampuan numerik dalam meningkatkan ketrampilan pemecahan masalah autentik fisika siswa.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 530.071 Haf p |
Keywords: | Model pembelajaran; PBL; Kemampuan numerik; Keterampilan pemecahan masalah |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QC Physics |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 02 Mar 2017 08:32 |
Last Modified: | 02 Mar 2017 08:32 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/23510 |