Sitanggang, Dimar (2017) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN LANGSUNG DAN MINAT BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR PRAKTEK KERJA BATU PADA SISWA KELAS XI SMK NEGERI 2 PEMATANGSIANTAR. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. 5103111012 COVER.pdf - Published Version
Download (59kB) | Preview
2. 5103111012 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (278kB) | Preview
3. 5103111012 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (92kB) | Preview
4. 5103111012 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (138kB) | Preview
5. 5103111012 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (95kB) | Preview
6. 5103111012 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (97kB) | Preview
7. 5103111012 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (94kB) | Preview
8. 5103111012 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (95kB) | Preview
9. 5103111012 BAB I.pdf - Published Version
Download (517kB) | Preview
13. 5103111012 BAB V.pdf - Published Version
Download (243kB) | Preview
14. 5103111012 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (96kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui:1) Apakah hasil belajar Praktek Kerja Batu siswa yang memliki minat belajar tinggi yang diajar dengan Model Pembelajaran Langsung lebih efektif dari pada siswa yang diajar dengan Model Pembelajaran konvensional. 2) Apakah hasil belajar Praktek Kerja Batu siswa memiliki Minat Belajar Rendah yang diajarkan dengan model pembelajaran konvensional lebih efektif dari pada sisa yang diajarkan dengan model pembelajaran langsung. 3) Apakah terdapat interaksi Model Pembelajaran dan Minat Belajar terhadap hasil belajar Praktek Kerja Batu pada siswa kelas XI Program Keahlian Teknik Konstruksi Batu dan Beton SMK Negeri 2 Pematangsiantar Tahun Ajaran 2016/2017. Data Variabel Minat Belajar ini dijaring dengan menggunakan angket, sedangkan untuk Kemampuan Praktek Kerja Batu dijaring dengan menggunakan Job Sheet dengan aspek penilaian yang telah di tentukan sebelumnya. Dari hasil penelitian diperoleh hasil siswa yang memiliki minat belajar tinggi dan diajar dengan Model pembelajaran Langsung lebih tinggi dari hasil belajar siswa yang diajar dengan model pembelajaran konvensional dengan Fhitung= 6,66>Ftabel = 4,26, pada taraf signifikansi α = 0,05 dengan df = (1,24). Sedangkan hasil belajar siswa yang memiliki minat belajarrendahyang diajar dengan model pembelajaran konvensional lebih tinggi dari hasil belajar siswa yang memiliki minat belajar rendah yang diajar dengan model pembelajaran langsung Fhitung= 44,90>Ftabel = 4,26. Terdapat interaksi antara penggunaan model pembelajaran dengan minat belajarterhadap hasil belajar Menggambar Teknik Dasar. Diperoleh Fhitung= 4,30 >Ftabel= 4,26. Dapat disimpulkan: 1) Bagi siwa yang memiliki minat belajar tinggi, penggunaan model pembelajaran langsung memiliki hasil belajar praktek kerja batu yang lebih tinggi dibandingkan dengan penggunaan model pembelajaran konvensional 2) Bagi siswa yang memiliki minat belajar rendah penggunaan model pembelajaran konvensional memiliki hasil belajar praktek kerja batu yang lebih tinggi dibandingkan dengan penggunaan model pembelajaran langsung 3)Terdapat Interaksi antara model Pembelajaran dan minat belajar terhadap hasil belajar Praktek Kerja Batu.