Ginting, Thommy Wisudanto (2017) HUBUNGAN KEMAMPUAN MEMBACA GAMBAR TEKNIK DENGAN KETERAMPILAN MENGGAMBAR TEKNIK MANUAL PADA SISWA KELAS XI SMK NEGERI 2 MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 5113111041 COVER.pdf - Published Version
Download (63kB) | Preview
2. NIM 5113111041 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (621kB) | Preview
3. NIM 5113111041 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (233kB) | Preview
4. NIM 5113111041 PREFACE.pdf - Published Version
Download (207kB) | Preview
5. NIM 5113111041 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (91kB) | Preview
6. NIM 5113111041 TABLES.pdf - Published Version
Download (48kB) | Preview
7. NIM 5113111041 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (47kB) | Preview
8. NIM 5113111041 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (126kB) | Preview
9. NIM 5113111041 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (551kB) | Preview
13. NIM 5113111041 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (170kB) | Preview
14. NIM 5113111041 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (173kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kemampuan membaca gambar teknik dengan keterampilan menggambar teknik manual pada siswa kelas XI jurusan teknik gambar bangunan SMK Negeri 2 Medan. Penelitian ini merupakan penelitain korelasional dengan pendekatan expost facto. Populasi dari penelitan ini adalah seluruh siswa kelas XI jurusan teknik gambar bangunan SMK Negeri 2 Medan tahun ajaran 2016/2017 dengan jumlah sampel 36 orang. Data dikumpulakan menggunakan tes praktik dan observasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa hasil analisis tingkat kecenderungan Kemampuan Membaca Gambar Teknik (X) siswa adalah sebesar 50 % pada kategori tinggi, dan 50 % pada kategori cukup, dan hasil analisis tingkat kecenderungan Keterampilan Menggambar Teknik Manual (Y) siswa adalah sebesar 66,67 % pada kategori tinggi, dan 33,33 % pada kategori cukup. Kedua variabel juga menunjukan sebaran data yang berdistribusi normal, dimana kedua nilai Dhitung variabel lebih kecil dari nilai Dtabel. Data kedua variabel juga disimpulkan linear dikarenakan Fhitung lebih kecil dari Ftabel pada signifikansi 5%. Dari pengujian hipotesis antara variabel Membaca Gambar Teknik (X) dengan variabel Keterampilan Menggambar Teknik Manual (Y) diperoleh thitung = 4,524 yang lebih besar dari ttabel = 1,684 pada signifikansi 5%. Koefisien korelasi produk momen (rxy) diperoleh sebesar 0,613 yang mana lebih besar dari rtabel yaitu 0,329. Oleh karena itu dapat disimpulkan bahwa hipotesis dapat diterima dengan kontribusi X terhadap Y sebesar 37,6%.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 BAN 012 |
Keywords: | Membaca; Menggambar |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LB Theory and practice of education > LB1705 Education and training of teachers and administrators > LB1775 Professional aspects of teaching and school administrators. Vocational guidance T Technology > TH Building construction |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Bangunan |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 01 Mar 2017 07:23 |
Last Modified: | 01 Mar 2017 07:23 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/23415 |