PENGARUH PEMBELAJARAN KONTESTUAL DAN GAYA BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MEKANIKA TEKNIK KELAS X PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK GAMBAR BANGUNAN SMK NEGERI 1 LUBUK PAKAM

Syafi'i, Muhammad (2017) PENGARUH PEMBELAJARAN KONTESTUAL DAN GAYA BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MEKANIKA TEKNIK KELAS X PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK GAMBAR BANGUNAN SMK NEGERI 1 LUBUK PAKAM. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM. 5113111028 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM. 5113111028 COVER.pdf - Published Version

Download (137kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM. 5113111028 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM. 5113111028 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (223kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM. 5113111028 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. NIM. 5113111028 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (182kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM. 5113111028 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. NIM. 5113111028 PREFACE.pdf - Published Version

Download (355kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM. 5113111028 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM. 5113111028 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (221kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM. 5113111028 TABLES.pdf]
Preview
Text
6. NIM. 5113111028 TABLES.pdf - Published Version

Download (268kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM. 5113111028 ILLUSTRATION.pdf]
Preview
Text
7. NIM. 5113111028 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (93kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM. 5113111028 APPENDICES.pdf]
Preview
Text
8. NIM. 5113111028 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (131kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM. 5113111028. CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
9. NIM. 5113111028. CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (674kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM. 5113111028 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
13. NIM. 5113111028 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (216kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM. 5113111028 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
14. NIM. 5113111028 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (95kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) adanya pengaruh pembelajaran kontekstual dan konvensional terhadap hasil belajar Mekanika Teknik siswa; (2) ada pengaruh perbedaan gaya belajar kinestetik terhadap hasil belajar Mekanika Teknik siswa; dan (3) adanya interaksi antara metode pembelajaran dengan gaya belajar dalam mempengaruhi hasil belajar Mekanika Teknik siswa.
Penelitian ini dilakukan di SMK Negeri 1 Lubuk Pakam, semester 1 tahun ajaran 2016/2017. Populasi penelitian ini adalah seluruh kelas X Teknik Bangunan SMK Negeri 1 Lubuk Pakam, sedangkan teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah pengambilan sampel cluster random sampling yang terdiri dari dua kelas yaitu kelas X TGB A dan kelas X TGB B dengan jumlah sampel penelitian untuk pembelajaran kontekstual terdiri dari 35 siswa dan 35 siswa untuk pembelajaran konvensional. Angket gaya belajar diberikan untuk mengelompokkan siswa atas gaya belajar kinestetik dan gaya belajar visual. Metode penelitian dengan menggunakan kuasi eksperimen dengan desain penelitian factorial 2 x 2. Uji persyaratan normalitas menggunakan Liliefors dan uji homogenitas dilakukan dengan uji varians terbesar berbanding varians terkecil dan untuk gabungan keempat kelompok berasal dari populasi yang bersifat homogen. Teknik analisis data yang digunakan adalah ANAVA dua jalur dengan taraf signifikan α = 0,05 dan dilanjutkan dengan uji Schuffe. Temuan dalam penelitian ini adalah : (1) siswa yang diajar dengan model pembelajaran kontekstual memperoleh hasil belajar Mekanika Teknik Lebih tinggi dibandingkan dengan siswa yang diajar dengan pembelajaran konvensional, dengan harga Fhitung untuk kompetensi pengetahuan = 7,818 > Ftabel = 3,982 kompetensi keterampilan = 4,218 > Ftabel = 3,982 dan kompetensi sikap = 5,203 > Ftabel = 3,982; (2) siswa yang memiliki gaya belajar kinestetik memperoleh hasil belajar yang lebih tinggi pada siswa yang memiliki gaya belajar visual pada kopetensi pengetahuan dengan Fhitung = 12,368 > Ftabel = 3,982; (3) terdapat interaksi antara strategi pembelajaran dan gaya belajar terhadap hasil belajar mekanika teknik kompetensi sikap, degnan harga Fhitung = 4,602. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa model pembelajaran kontekstual lebih baik daripada model pembelajaran konvensional dalam meningkatkan hasil belajar mekanika teknik kompetensi pengetahuan, keterampilan dan sikap, siswa yang memiliki gaya belajar kinestetik memperoleh hasil belajar mekanika teknik lebih tinggi daripada siswa yang memiliki gaya belajar visual pada kompetensi pengetahuan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2017 BAN 009
Keywords: Model pembelajaran; Gaya belajar; Hasil belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
L Education > LB Theory and practice of education > LB1705 Education and training of teachers and administrators > LB1775 Professional aspects of teaching and school administrators. Vocational guidance
T Technology > T Technology (General)
T Technology > TH Building construction
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Bangunan
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 01 Mar 2017 04:24
Last Modified: 01 Mar 2017 04:24
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/23406

Actions (login required)

View Item
View Item