Sihotang, Frans A. (2017) PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA YANG DIAJAR MENGGUNAKAN MODEL KOOPERATIF TIPE GI (GROUP INVESTIGATION) DENGAN MODEL KOOPERATIF TIPE JIGSAW TERHADAP HASIL BELAJAR MENGGAMBAR TEKNIK PADA SISWA KELAS X TKR SMK SWASTA RAKSANA 1 MEDAN TAHUN AJARAN 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.
01. NIM 5123122014 COVER.pdf - Published Version
Download (212kB) | Preview
02. NIM 5123122014 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (312kB) | Preview
03. NIM 5123122014 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (260kB) | Preview
04. NIM 5123122014 PREFACE.pdf - Published Version
Download (218kB) | Preview
05. NIM 5123122014 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (91kB) | Preview
06. NIM 5123122014 TABLE.pdf - Published Version
Download (48kB) | Preview
07. NIM 5123122014 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (126kB) | Preview
08. NIM 5123122014 APENDICES.pdf - Published Version
Download (169kB) | Preview
09. NIM 5123122014 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (554kB) | Preview
13. NIM 5123122014 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (253kB) | Preview
14. NIM 5123122014 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (177kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat perbedaan hasil belajar siswa yang diajar menggunakan model kooperatif tipe GI (Group Investigation) dengan model kooperatif tipe Jigsaw terhadap hasil belajar menggambar teknik pada siswa kelas X TKR SMK swasta Raksana 1 Medan tahun ajaran 2016/2017. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan desain penelitian two group pretest-posttest design. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas X yang terdiri dari 2 kelas. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara teknik random sampling yaitu kelas X TKR 1 sebagai kelas eksperimen 1 yang berjumlah 29 orang dan Kelas X TKR 2 sebagai kelas eksperimen 2 yang berjumlah 35 orang. Kelas Eksperimen 1 diberi perlakuan dengan menggunakan model pembelajaran GI (Group Investigation), sedangkan kelas Eksperimen 2 diberi perlakuan menggunakan model pembelajaran Jigsaw. Instrumen yang digunakan yaitu tes hasil belajar dalam bentuk pilihan ganda dengan jumlah 25 soal. Sebelum dilakukan tes pada kedua kelas tersebut, terlebih dahulu diberikan perlakuan yang berbeda pada masing-masing kelas dalam jangka waktu dan pertemuan yang sama. Dari hasil penelitian diperoleh bahwa terdapat perbedaan hasil belajar siswa yang diajar menggunakan model kooperatif tipe GI (Group Investigation) dengan model kooperatif tipe Jigsaw terhadap hasil belajar menggambar teknik pada siswa kelas X TKR SMK swasta Raksana 1 Medan tahun ajaran 2016/2017. Hal ini ditunjukkan bahwa thitung > ttabel yaitu 6,2381 > 1,663 pada taraf nyata α = 0,05 sehingga Ho ditolak dan Ha diterima.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 OTM 004 |
Keywords: | Model kooperatif; Group investigation; Jigsaw; Hasil belajar; Gambar teknik |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LB Theory and practice of education > LB1705 Education and training of teachers and administrators > LB1775 Professional aspects of teaching and school administrators. Vocational guidance T Technology > T Technology (General) |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Otomotif |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 01 Mar 2017 04:16 |
Last Modified: | 01 Mar 2017 04:16 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/23402 |