Silalahi, Chanro Bernatus (2017) PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN DAN DISIPLIN DIRI TERHADAP HASIL BELAJAR MENERAPKAN DASAR-DASAR ELEKTRONIKA PADA SISWA KELAS X PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK AUDIO VIDEO. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 5123331009 COVER.pdf - Published Version
Download (109kB) | Preview
2. NIM. 5123331009 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (292kB) | Preview
3. NIM. 5123331009 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (128kB) | Preview
4. NIM. 5123331009 PREFACE.pdf - Published Version
Download (229kB) | Preview
5. NIM. 5123331009 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (254kB) | Preview
6. NIM. 5123331009 TABLE.pdf - Published Version
Download (168kB) | Preview
7. NIM. 5123331009 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (126kB) | Preview
8. NIM. 5123331009 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (540kB) | Preview
12. NIM. 5123331009 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (170kB) | Preview
13. NIM. 5123331009 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (181kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh strategi pembelajaran dan disiplin belajar terhadap hasil belajar menerapkan dasar-dasar elektronika. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen yaitu dengan memberikan perlakuan yang berbeda pada kedua kelompok penelitian. Sedangkan rancangan penelitian yang digunakan yaitu analisis varians factorial 2x2. Penelitian ini dilakukan di SMK Negeri 1 Balige pada semester ganjil tahun ajaran 2016/2017. Sebjek penelitian yaitu seluruh siswa kelas 1 Program keahlian Teknik Audio Video yang terbagi atas dua kelas. Secara acak kelas dibagi atas kelas eksperimen dan kelas control. Kelas X-AV1 menjadi kelas eksperimen yang diajar dengan strategi pembelajaran inkuiri dan kelas X-AV2 menjadi kelas control yang diajar dengan strategi pembelajaran ekspositori. Hasil uji persyaratan analisis menunjukkan bahwa sebaran data hasil belajar menerapkan dasar-dasar elektronika yang diajar dengan strategi pembelajaran inkuiri dan memiliki disiplin belajara tinggi adalah berdidtribusi normal dimana Ltabel = 0,249 > Lhitung = 0,129 dan data hasil belajar menerapkan dasar-dasar elektronika yang diajar dengan strategi pembelajaran inkuiri dan memiliki disiplin belajar rendah adalah distribusi normal dimana Ltabel = 0,206 > Lhitung = 0,12 dan data hasil belajar menerapkan dasar-dasar elektronika yang diajar dengan dengan strategi pembelajaran ekspositori dan memiliki disiplin belajar tinggi adalah distribusi normal dimana Ltabel = 0,22 > Lhitung = 0,124 dan data hasil belajar menerapkan dasar-dasar elektronika dengan strategi pembelajaran ekspositori dan memiliki disiplin belajar rendah adalah dan distribusi normal dimana Ltabel = 0,234 > Lhitung = 0,2 dan kedua varians data Homogen (L2hitung = 1,33 < L2tabel = 5,99). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (a) Strategi pembelajaran inkuiri dan strategi pembelajaran ekspositori memberi pengaruh yang berbeda secara signifikan terhadap hasil belajar siswa, dimana (Fhitung = 8,95 > Ftabel = 4,02 (b) Tinggi rendahnya disiplin belajar member pengaruh yang berbeda secara signifikan terhadap hasil belajar siswa, dimana (Fhitung = 72,3 > F tabel = 4,02 (c) Terdapat pengaruh interaksi antara strategi pembelajaran dengan disiplin belajar dalam mempengaruhi hasil belajar, dimana (Fhitung = 4,65 > F tabel = 4,02.