Purba, Welda Putri Dien (2017) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PASSING BAWAH BOLA VOLI MENGGUNAKAN GAYA MENGAJAR RESIPROKAL PADA SISWA-SISWI KELAS X SMA NEGERI 1 PURBA TAHUN AJARAN 2016-2017. Undergraduate thesis, UNIMED.
01. 6123111092 COVER.pdf - Published Version
Download (86kB) | Preview
02. 6123111092 PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (624kB) | Preview
03. 6123111092 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (131kB) | Preview
04. 6123111092 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (288kB) | Preview
05. 6123111092 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (174kB) | Preview
06. 6123111092 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (130kB) | Preview
07. 6123111992 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (130kB) | Preview
08. 6123111092 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (131kB) | Preview
09. 6123111092 BAB I.pdf - Published Version
Download (486kB) | Preview
13. 6123111092 BAB V.pdf - Published Version
Download (234kB) | Preview
14. 6123111092 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (172kB) | Preview
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar
passing bawah bola voli melalui gaya mengajar resiprokal pada siswa kelas X
SMA Negeri 1 Purba Tahun Ajaran 2016/2017.
Lokasi penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 1 Purba Jl. Besar
Simarjarunjung, Kec. Purba Kab. Simalungun tahun ajaran 2016/2017, waktu
penelitian dilaksanakan pada bulan Oktober 2016 dengan jumlah siswa 28 orang.
Metode penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Instrumen
penelitian ini adalah tes hasil belajar keterampilan gerak passing bawah bola voli
yang berbentuk portofolio. Analisis data dilakukan dengan mereduksi data dan
memaparkan data dalam bentuk tabel sehingga dapat dicari nilai rata-rata dan
persentase ketuntasan belajar.
Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa menggunakan metode mengajar
resiprokal berpengaruh terhadap peningkatan hasil belajar passing bawah bola
voli siswa kelas X SMA Negeri 1 Purba tahun ajaran 2016/2017. Nilai rata-rata
siswa pada data awal adalah 65,82 (tidak tuntas), pada tes siklus I nilai rata-rata
siswa meningkat menjadi 69,64 (tidak tuntas), pada pelaksanaan tes siklus II nilai
rata-rata siswa telah mencapai 71,42 (tuntas). Persentase ketuntasan belajar siswa
pada tes awal adalah 21,5 %, pada tes siklus I meningkat menjadi 57,14 % dan
pada siklus II persentase ketuntasan belajar siswa telah mencapai 85,71%.
Peningkatan nilai rata-rata hasil belajar dari tes awal hingga tes siklus II yaitu 5,6
dan peningkatan klasikal dari tes awal hingga tes siklus II adalah 64,21 %.
Berdasarkan hasil analisis data dapat dikatakan bahwa melalui gaya mengajar
resiprokal dapat memberikan peningkatan hasil belajar passing bawah bola voli
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 PJKR 034 |
Keywords: | Pendidikan Jasmani, hasil Belajar, passing Bawah |
Subjects: | G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure > GV557 Sports G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure > GV557 Sports > GV861 Ball games: Baseball, football, golf, etc. L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 01 Mar 2017 02:52 |
Last Modified: | 01 Mar 2017 02:52 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/23384 |