Kartika (2016) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBING PROMTING TERHADAP HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XII IPS SMA NEGERI 1 SELESAI TAHUN PEMBELAJARAN 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 7121142009 COVER.pdf - Published Version
Download (44kB) | Preview
2. NIM 7121142009 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (630kB) | Preview
4. NIM 7121142009 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (276kB) | Preview
3. NIM 7121142009 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (224kB) | Preview
5. NIM 7121142009 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (88kB) | Preview
6. NIM 7121142009 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (79kB) | Preview
7. NIM 7121142009 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (149kB) | Preview
8. NIM 7121142009 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (181kB) | Preview
9. NIM 7121142009 BAB I.pdf - Published Version
Download (313kB) | Preview
13. NIM 7121142009 BAB V.pdf - Published Version
Download (219kB) | Preview
14. NIM 7121142009 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (193kB) | Preview
15. NIM 7121142009 RIWAYAT HIDUP.pdf - Published Version
Download (321kB) | Preview
Abstract
Permasalahn dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar Akuntansi siswa Kelas XII IPS SMA Negeri 1 Selesai . Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar akuntansi yang diajarkan dengan model pembelajaran Probing Promting dibandingkan dengan hasil belajar akuntansi yang diajarkan dengan metode pembelajaran konvensional pada siswa kelas XII IPS SMA Negeri 1 Selesai T.P 2016/2017
Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 1 Selesai Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XII IPS terdiri dari 3 kelas yang berjumlah 106 siswa. Sampel dalam penelitian ini diambil dengan teknik cluster random sampling dan random sampling yaitu kelas XII IPS 1 sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 30 orang dan kelas XII IPS 2 sebagai kelas kontrol sebanyak 30 orang. Jenis penelitian ini adalah eksperimen dengan desain penelitian pretest-postest control group design. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes pilihan ganda yang berjumlah 20 soal, sebelum tes diberikan kepada sampel yang sebenarnya, maka dilakukan uji coba instrumen untuk mengetahui validitas, reliabilitas, taraf kesukaran soal dan daya pembeda soal. Teknik analisis data yang digunakan yaitu menghitung uji normalitas menggunakan uji liliefors, uji homogenitas dan uji hipotesis dengan menggunakan uji t dengan kriteria jika thitung > ttabel pada α=0,05, maka hipotesis diterima.
Dari hasil analisis data, nilai rata-rata hasil pretest kelas eksperimen 1adalah 56,17 dan kelas kontrol adalah 55,50. Dan nilai rata-rata postest kelas eksperimen 1 adalah 87,17 dan kelas eksperimen 2 nilai rata-rata hasil belajar siswa 79,50. Hasil uji thitung adalah 3,57 sedangkan ttabel = 1,67 dengan thitung > ttabel ( 3,57>1,67) yang berarti H0 ditolak dan Ha diterima.
Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa hasil belajar akuntansi yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran Probing Promting lebih tinggi secara sigmifikan dibanding hasil belajar akuntansi yang diajar dengan metode pembelajaran konvensional pada siswa kelas XII IPS SMA Negeri 1 Selesai Tahun Pembelajaran 2016/2017.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 AKT 003 |
Keywords: | Model Pembelajaran Probing Promting, Metode Pembelajaran Konvensional, Hasil Belajar Akuntansi |
Subjects: | H Social Sciences > HG Finance > HG1706 Accounting. Bookkeeping L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 28 Feb 2017 10:08 |
Last Modified: | 28 Feb 2017 10:08 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/23369 |