Firdani, Wiwin (2016) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW DAN AKTIVITAS BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS X DI MAS AL-WASHLIYAH 12 PERBAUNGAN TP 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 7121141059 COVER.pdf - Published Version
Download (46kB) | Preview
2. NIM 7121141059 APPROVALSHEET.pdf - Published Version
Download (546kB) | Preview
3. NIM 7121141059 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (197kB) | Preview
4. NIM 7121141059 PERFACE.pdf - Published Version
Download (174kB) | Preview
5. NIM 7121141059 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (117kB) | Preview
6. NIM 7121141059 TABLES.pdf - Published Version
Download (104kB) | Preview
7. NIM 7121141059 ILUSTRATION.pdf - Published Version
Download (32kB) | Preview
8. NIM 7121141059 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (32kB) | Preview
9. NIM 7121141059 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (398kB) | Preview
13. NIM 7121141059 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (192kB) | Preview
14. NIM 7121141059 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (151kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah “rendahnya hasil belajar siswa dalam mata pelajaran ekonomi”. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui1.perbedaan hasil belajar ekonomi yang diajar dengan model pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw dan metode konvensional, 2.perbedaan hasil belajar ekonomi siswa yang aktif dengan siswa yang tidak aktif, 3. terdapat interaksi antara model pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw dan aktivitas belajar terhadap hasil belajar ekonomi
Penelitian ini dilakukan di MAS AL-WASHLIYAH 12 Perbaungan, yang beralamat di Jl.Malinda 2 Komplek Sawit Indah, Perbaungan dengan populasi sebanyak 120 orang siswa dan sampel sebanyak 60 dengan menggunakan metode teknik random sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, test dan dokumentasi. Uji hipotesis penelitian yang digunakan adalah ANAVA dua jalur dengan faktorial 2 x 2. Uji persyaratan analisis data yang digunakan adalah uji normalitas dan uji homogenitas. Hasil pengujian menunjukkan bahwa semua kelompok data berdistribusi normal dan homogen. Hasil pengujian menunjukkan bahwa 1. Hasil belajar ekonomi siswa yang diajar dengan model pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw lebih tinggi dibandingkan yang diajar dengan metode konvensional (F = 33,916 dengan sig. = 0,000 atau p ≤ 0,05), 2. siswa yang aktif memperoleh hasil belajar ekonomi yang lebih tinggi daripada kelompok siswa yang tidak aktif (F = 20,610 dengan sig. = 0,000 atau p ≤ 0,05). 3. terdapat interaksi antara model pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw dan aktivitas belajar terhadap hasil belajar ekonomi (F = 5,804 dengan sig. = 0,019atau p <0,05).
Berdasarkan hasil analisis data dan uji hipotesis serta pembahasan maka dapat ditarik kesimpulan bahwa 1. Hasil belajar ekonomi siswa yang diajar dengan model pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw lebih tinggi dibandingkan yang diajar dengan metode konvensional, 2. Siswa yang aktif memperoleh hasil belajar ekonomi yang lebih tinggi daripada kelompok siswa yang tidak aktif, 3. Terdapat pengaruh positif dan signifikan antara model pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw dan aktivitas belajar terhadap hasil belajar ekonomi
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 EKO 003 |
Keywords: | Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw, Aktivitas Belajar dan Hasil Belajar |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography > HB71 Economics as a science L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 28 Feb 2017 04:34 |
Last Modified: | 28 Feb 2017 04:34 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/23357 |