Harahap, Mhd.TS Fachrurrozi (2016) PENGARUH PENGGUNAAN INTERNET SEBAGAI SUMBER BELAJAR DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PRESTASI EKONOMI SISWA KELAS XI SMA BUDISATRYA MEDAN T.P 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 7123341067 COVER.pdf - Published Version
Download (43kB) | Preview
2. NIM. 7123341067 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (242kB) | Preview
4. NIM. 7123341067 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (220kB) | Preview
3. NIM. 7123341067 PREFACE.pdf - Published Version
Download (209kB) | Preview
5. NIM. 7123341067 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (314kB) | Preview
6. NIM. 7123341067 TABLES.pdf - Published Version
Download (137kB) | Preview
7. NIM. 7123341067 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
8. NIM. 7123341067 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (109kB) | Preview
9. NIM. 7123341067 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (303kB) | Preview
13. NIM. 7123341067 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (170kB) | Preview
14. NIM. 7123341067 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (128kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya prestasi belajar
siswa pada mata pelajaran ekonomi kleas XI IPS SMA Budisatrya Medan Tahun
Ajaran 2016/2017. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh
pemanfaatan internet sebagai media belajar dan motivasi belajar siswa terhadap
prestasi belajar siswa kelas XI-IPS SMA Budisatrya Medan 2016/2017 .
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Data yang digunakan ialah
data primer dan data skunder yang diperoleh melalui alat pengumpul data angket
(kuesioner). Angket dibuat dengan menggunakan skala Likert dengan lima
pilihan. Sampel dipilih dengan menggunakan teknik Random Sampling. Dari 166
siswa yang belajar di kelas XI-IPS SMA Budisatrya Medan TA 2016/2017 yang
menjadi sampel diambil sebanyak 42 orang siswa (25%) dengan cara acak. Teknik
korelasi yang digunakan adalah korelasi product moment, alpha cronbach, dan uji
ANOVA. Analisis data dilakukan dengan bantuan software SPSS.12 for Windows.
Hasil penelitian menunjukkan: (1) terdapat Pengaruh yang signifikan
antara penerapan internet sebagai media belajar terhadap prestasi belajar ekonomi
siswa kelas XI-IPS. Koefisien korelasi product moment yang diperoleh adalah
0,951 dengan level signifikansi alpha sebesar 0,01 (2) terdapat Pengaruh yang
signifikan antara Motivai belajar terhadapPrestasi belajar ekonomi siswa.
Koefisien korelasi product moment yang dihasilkan sebesar 0,972 dengan level
signifikansi alpha sebesar 0,01 (3) terdapat pengaruh yang signifikan antara
penerapan internet sebagai media belajar dan Motivasi belajar secara bersamasama
dengan koefisien korelasi sebesar 0,958 terhadap Prestasi belajar ekonomi
siswa. Persamaan regresi yang dihasilkan adalah Y= 18,338 + 0,355X1 + 0,566X2.
Uji F menghasilkan angka 471,195 dengan alpha 0,05. Persamaan regresi ini
signifikan karena sig yang diperoleh adalah 0,000 lebih kecil dari alpha 0,05.
Dari hasil penelitian terlihat bahwa koefisien Pengaruh antara penerapan
internet sebagai media belajar terhadap prestasi belajar lebih kecil apabila
dibandingkan dengan pengaruh motivasi belajar terhadap prestasi belajar ekonomi
siswa. Hal ini menjadi indikasi bahwa motivasi belajar mempunyai cakupan yang
lebih luas jika dibandingkan dengan penerapan internet sebagai media belajar
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 EKO 007 |
Keywords: | Internet dan Motivasi Belajar terhadap prestasi belajar |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF501 Motivation H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography > HB71 Economics as a science L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 28 Feb 2017 04:28 |
Last Modified: | 28 Feb 2017 04:28 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/23355 |