Ardiansyah, Rezki (2016) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING DENGAN PENDEKATAN SCIENTIFIC TERHADAP HASIL BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS XI SMAN 1 RANTAU SELATAN TAHUN PEMBELAJARAN 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 7113141086 COVER.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
2. NIM 7113141086 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (3MB) | Preview
4. NIM 7113141086 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
3. NIM 7113141086 KNOWLEDGMENT.pdf - Published Version
Download (156kB) | Preview
5. NIM 7113141086 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
5. NIM 7113141086 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
6. NIM 7113141086 TABLES.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
7. NIM 7113141086 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (843kB) | Preview
8. NIM 7113141086 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
12. NIM 7113141086 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
13. NIM 7113141086 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendah nya hasil belajarsiswa.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahu ihasil belajar ekonomi yang
diajarkan dengan model pembelajaran Problem solving dengan pendektan
scientific lebih tinggi dibanding hasil belajar ekonomi yang diajarkan dengan
metode konvensional pada siswa kelas XI SMA SMA N 1 Rantau Selatan T.P
2016/2017.
Penelitian ini dilaksanakan di SMA SMA N 1 Rantau Selatan yang
berlokasi di Jalan ki hajar dewantara No. 107 Medan. Populasi dalam penelitian
ini adalah seluruh kelas X yang berjumlah 225 orang terdiri dari 6 kelas. Teknik
pengambilan sampel yang dilakukan adalah simple random sampling (secara acak
sederhana) dimana sampelnya terdiri dari kelas eksperimen dan kelas control
masing-masing 39 orang dengan jumlah total 78 orang. Tehnik pengumpulan data
yang diperlukan dalam penelitian ini adalah hasil belajar.Tes yang digunakan
adalah tes dalam bentuk pilihan berganda sebanyak 20 soal yang dikutip dari buku
panduan kelas XI yang dianggap sudah valid dan reliable, maka tidak perlu diuji
cobakan.
Berdasarkan hasil analisis data, diperoleh nilai rata-rata pretest siswa kelas
eksperimen= 67,69 dengan Standar Deviasi = 9,37 dan nilai rata-rata posttest
siswa setelah menggunakan model pembelajaran problem solving dengan
pendekatan scientific = 79,10 dengan Standar Deviasi = 10,12. Sedangkan nilai
rata-rata pretest siswa kelas kontrol = 54,23 dengan Standar Deviasi = 9,29 dan
nilai rata-rata posttest siswa menggunakan metode konvensional = 65,77 dengan
Standar Deviasi = 11,1. Dari analisis data yang diperoleh bahwa data hasil belajar
berdistribusi normal (Lhitung< Ltabel) dan homogen (Fhitung< Ftabel). Pengujian
hipotesis dalam penelitian ini menggunakan uji t dan diperoleh thitung> ttabel (5,70>
1,67), yang berarti hipotesis dapat diterima antara variabel x dan Y pada taraf
signifikan 95% atau alpha 0,05% dengan dk = N+N-2 =76.
Berdasarkan hasil penelitian, maka dapat disimpulkan bahwa hasil belajar
ekonomi yang diajarkan dengan Model Pembelajaran pembelajaran problem
solving dengan pendekatan scientific lebih tinggi secara signifikan daripada hasil
belajar ekonomi yang diajarkan dengan metode konvensional pada siswa kelas X
SMA N 1 Rantau selatan T.A. 2016/2017.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 EKO 009 |
Keywords: | Model Pembelajaran problem solving dengan pendekatan scientific, Hasil Belajar Ekonomi Siswa |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography > HB71 Economics as a science L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 28 Feb 2017 04:18 |
Last Modified: | 28 Feb 2017 04:18 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/23352 |