Tinambunan, Risma (2016) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION TERHADAP HASIL BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS XI SMA NEGERI 1 PANTAI CERMIN T.P 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 7113141088 COVER.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
2. NIM 7113141088 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (526kB) | Preview
3. NIM 7113141088 PREFACE.pdf - Published Version
Download (247kB) | Preview
4. NIM 7113141088 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (362kB) | Preview
5. NIM 7113141088 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (89kB) | Preview
6. NIM 7113141088 TABLES.pdf - Published Version
Download (190kB) | Preview
7. NIM 7113141088 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
8. NIM 7113141088 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (138kB) | Preview
9. NIM 7113141088 CHAPTER 1.pdf - Published Version
Download (366kB) | Preview
13. NIM 7113141088 CHAPTER 5.pdf - Published Version
Download (250kB) | Preview
14. NIM 7113141088 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (141kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar ekonomi siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Student Teams Achievement Division terhadap hasil belajar ekonomi siswa kelas XI SMA Negeri 1 Pantai CerminT.P 2016/2017.
Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 1 Pantai Cermin yang beralamat di Jalan Mayjen H. T. Rizal Nurdin No.01 Desa Kota Pari. Sampel dalam penelitian ini adalah seluruh populasi kelas XI IIS yaitu kelas XI IIS 1 sebanyak 32 siswa sebagai kelas kontrol dan kelas XI IIS 2 sebanyak 32 siswa sebagai kelas eksperimen. Kelas eksperimen diberikan perlakuan dengan penerapan model pembelajaran Student Teams Achievement Division dan kelas kontrol dengan model pembelajaran konvensional. Instrumen pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini berupa tes hasil belajar ekonomi dalam bentuk pilihan berganda sebanyak 15 soal yang telah diuji coba dan dianalisis.
Dari hasil analisis data yang diperoleh nilai rata-rata pre test kelas eksperimen sebesar 50,88 dengan SD 10,46 dan nilai rata-rata post test setelah diberi perlakuan model pembelajaran Student Teams Achievement Division sebesar 82,70 dengan SD 8,45. Sedangkan nilai rata-rata pre test kelas kontrol sebesar 50,46 dengan SD 12,11 dan nilai rata-rata post test setelah diberi perlakuan metode pembelajaran konvensional sebesar 67,00 dengan SD 9,63. Dari perhitungan uji normalitas dan homogenitas diperoleh bahwa data kedua kelas berdistribusi normal dan homogen.
Berdasarkan hasil perhitungan menggunakan uji-t pada taraf siginifikansi
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 EKO 004 |
Keywords: | Model Pembelajaran Student Teams Achievement Division, Hasil Belajar Ekonomi, Model Pembelajaran Konvensional |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography > HB71 Economics as a science L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 28 Feb 2017 01:51 |
Last Modified: | 28 Feb 2017 01:51 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/23332 |