Sagala, Agnes Fransisca (2017) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN KOMUNIKASI MATEMATIK SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 TANJUNG BALAI. Masters thesis, UNIMED.
1.NIM. 8136172002 COVER.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
2.NIM.8136172002 APROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (385kB) | Preview
3.NIM. 8136172002 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (141kB) | Preview
4.NIM. 8136172002 PREFACE.pdf - Published Version
Download (183kB) | Preview
5.NIM. 8136172002 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (189kB) | Preview
6.NIM. 8136172002 TABLES.pdf - Published Version
Download (133kB) | Preview
7.NIM. 8136172002 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (34kB) | Preview
9.NIM.8136172002 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (548kB) | Preview
13.NIM. 8136172002 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (314kB) | Preview
14.NIM. 8136172002 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (250kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk : 1) Mendeskripsikan kevalidan, kepraktisan dan keefektifan bahan ajar yang dikembangkan dengan teori Bruner untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah dan komunikasi matematis siswa; 2) Mendeskripsikan peningkatan kemampuan pemecahan masalah dan komunikasi matematis siswa melalui pengembangan bahan ajar yang menggunakan teori Bruner. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan menggunakan model pengembangan Four-D yang telah dimodifikasi dan rancangan dalam uji coba menggunakan one group pretest-postest design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SMP Negeri 1 Tanjung Balai, sampel untuk uji coba adalah kelas VII-2 dan VII-4. Dari hasil uji coba I dan uji coba II diperoleh: 1) bahan ajar memenuhi keefektifan, kepraktisan dan kevalidan ditinjau dari; a) ketuntasan belajar siswa secara klasikal; b) ketercapaian tujuan pembelajaran; c) aktivitas aktif siswa dan d) respon siswa; 2) peningkatan kemampuan komunikasi matematika siswa dengan menggunakan bahan ajar berbasis teori Bruner; 3) peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa menggunakan bahan ajar yang dikembangkan berbasis teori bruner . Selanjutnya, disarankan agar guru dapat menggunakan bahan ajar berbasis teori Bruner sebagai alternatif pembelajaran, dengan bimbingan atau pertanyaan-pertanyaan yang diberikan dapat terjangkau oleh siswa, sehingga siswa lebih mudah memahami masalah-masalah yang diberikan.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 510.071 Sag p |
Keywords: | Teori bruner; Komunikasi matematika siswa; Pemecahan masalah siswa; Model 4-D |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 27 Feb 2017 09:06 |
Last Modified: | 27 Feb 2017 09:06 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/23322 |