PENGEMBANGAN BAHAN AJAR UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN KOMUNIKASI MATEMATIK SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 TANJUNG BALAI

Sagala, Agnes Fransisca (2017) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN KOMUNIKASI MATEMATIK SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 TANJUNG BALAI. Masters thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1.NIM. 8136172002 COVER.pdf]
Preview
Text
1.NIM. 8136172002 COVER.pdf - Published Version

Download (49kB) | Preview
[thumbnail of 2.NIM.8136172002 APROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2.NIM.8136172002 APROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (385kB) | Preview
[thumbnail of 3.NIM. 8136172002 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3.NIM. 8136172002 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (141kB) | Preview
[thumbnail of 4.NIM. 8136172002 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4.NIM. 8136172002 PREFACE.pdf - Published Version

Download (183kB) | Preview
[thumbnail of 5.NIM. 8136172002 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5.NIM. 8136172002 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (189kB) | Preview
[thumbnail of 6.NIM. 8136172002 TABLES.pdf]
Preview
Text
6.NIM. 8136172002 TABLES.pdf - Published Version

Download (133kB) | Preview
[thumbnail of 7.NIM. 8136172002 ILLUSTRATION.pdf]
Preview
Text
7.NIM. 8136172002 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (34kB) | Preview
[thumbnail of 9.NIM.8136172002 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
9.NIM.8136172002 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (548kB) | Preview
[thumbnail of 13.NIM. 8136172002 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
13.NIM. 8136172002 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (314kB) | Preview
[thumbnail of 14.NIM. 8136172002 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
14.NIM. 8136172002 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (250kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk : 1) Mendeskripsikan kevalidan, kepraktisan dan keefektifan bahan ajar yang dikembangkan dengan teori Bruner untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah dan komunikasi matematis siswa; 2) Mendeskripsikan peningkatan kemampuan pemecahan masalah dan komunikasi matematis siswa melalui pengembangan bahan ajar yang menggunakan teori Bruner. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan menggunakan model pengembangan Four-D yang telah dimodifikasi dan rancangan dalam uji coba menggunakan one group pretest-postest design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SMP Negeri 1 Tanjung Balai, sampel untuk uji coba adalah kelas VII-2 dan VII-4. Dari hasil uji coba I dan uji coba II diperoleh: 1) bahan ajar memenuhi keefektifan, kepraktisan dan kevalidan ditinjau dari; a) ketuntasan belajar siswa secara klasikal; b) ketercapaian tujuan pembelajaran; c) aktivitas aktif siswa dan d) respon siswa; 2) peningkatan kemampuan komunikasi matematika siswa dengan menggunakan bahan ajar berbasis teori Bruner; 3) peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa menggunakan bahan ajar yang dikembangkan berbasis teori bruner . Selanjutnya, disarankan agar guru dapat menggunakan bahan ajar berbasis teori Bruner sebagai alternatif pembelajaran, dengan bimbingan atau pertanyaan-pertanyaan yang diberikan dapat terjangkau oleh siswa, sehingga siswa lebih mudah memahami masalah-masalah yang diberikan.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: 510.071 Sag p
Keywords: Teori bruner; Komunikasi matematika siswa; Pemecahan masalah siswa; Model 4-D
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 27 Feb 2017 09:06
Last Modified: 27 Feb 2017 09:06
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/23322

Actions (login required)

View Item
View Item