PERBEDAAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA ANTARA MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH DAN MODEL PEMBELAJARAN LANGSUNG

Manurung, Darwin Antoni (2016) PERBEDAAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA ANTARA MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH DAN MODEL PEMBELAJARAN LANGSUNG. Masters thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. COVER.pdf]
Preview
Text
1. COVER.pdf - Published Version

Download (49kB) | Preview
[thumbnail of 2. LEMBAR PENGESAHAN DAN PERSETUJUAN.pdf]
Preview
Text
2. LEMBAR PENGESAHAN DAN PERSETUJUAN.pdf - Published Version

Download (156kB) | Preview
[thumbnail of 3. ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
3. ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (378kB) | Preview
[thumbnail of 4. KATA PENGANTAR.pdf]
Preview
Text
4. KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (269kB) | Preview
[thumbnail of 5. DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
5. DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (244kB) | Preview
[thumbnail of 6. DAFTAR TABEL.pdf]
Preview
Text
6. DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (145kB) | Preview
[thumbnail of 7. DAFTAR GAMBAR.pdf]
Preview
Text
7. DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (206kB) | Preview
[thumbnail of 8. BAB I.pdf]
Preview
Text
8. BAB I.pdf - Published Version

Download (367kB) | Preview
[thumbnail of 12. BAB V.pdf]
Preview
Text
12. BAB V.pdf - Published Version

Download (110kB) | Preview
[thumbnail of 13. DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
13. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (260kB) | Preview

Abstract

Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui: (1) apakah kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang mendapat pembelajaran berbasis masalah lebih baik daripada siswa yang mendapat pembelajaran langsung. (2) apakah kemampuan komunikasi matematis siswa yang mendapat pembelajaran berbasis masalah lebih baik daripada siswa yang mendapat pembelajaran langsung. (3) bagaimana proses penyelesaian jawaban siswa dalam menyelesaikan masalah mengenai kemampuan pemecahan masalah dan komunikasi matematis siswa pada pembelajaran berbasis masalah (PBM) dan pembelajaran langsung. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 7 Pematangsiantar. Kemudian secara acak dipilih dua kelas berjumlah 61 orang. Kelas eksperimen diberi perlakuan pembelajaran berbasis masalah dan kelas kontrol diberi perlakuan pembelajaran langsung. Instrumen yang digunakan terdiri dari: (1) tes kemampuan pemecahan masalah matematis, (2) tes kemampuan komunikasi matematis. Instrumen tersebut dinyatakan telah memenuhi syarat validitas isi, serta koefisien reliabilitas sebesar 0,714 dan 0,846 berturut-turut untuk kemampuan pemecahan masalah matematis dan komunikasi matematis. Analisis data dilakukan dengan analisis uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang mendapat pembelajaran berbasis masalah lebih baik daripada siswa yang mendapat pembelajaran langsung. Hal ini terlihat dari hasil analisis uji statistik untuk Thitung =2,817 lebih besar Ttabel adalah 1,671 dan hasil postes kemampuan pemecahan masalah matematis siswa diperoleh X ̅ kelas eksperimen 72,75 dan X ̅ kelas kontrol 65,69. (2) kemampuan komunikasi matematis siswa yang mendapat pembelajaran berbasis masalah lebih baik daripada siswa yang mendapat pembelajaran langsung. Hal ini terlihat dari hasil analisis uji statistik untuk Thitung = 4,108 lebih besar Ttabel adalah 1,671 dan hasil postes kemampuan komunikasi matematis siswa diperoleh X ̅ kelas eksperimen 76,08 dan X ̅ kelas kontrol 63,75. (3) Proses penyelesaian jawaban siswa yang mendapat pembelajaran berbasis masalah lebih baik (bervariasi) dibandingkan dengan pembelajaran langsung. Pada penelitian ini ada temuan bahwa pembelajaran berbasis masalah dapat meningkatkan aktivitas guru dan siswa dalam proses pembelajaran. Oleh karena itu, pembelajaran berbasis masalah ini sangat baik dilaksanakan dalam proses pembelajaran, dan kepada guru disarankan menggunakan pembelajaran berbasis masalah dalam meningkatkan kemampuan pemecahan masalah dan kemampuan komunikasi matematis siswa.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: 510.071 Man p
Keywords: Pembelajaran berbasis masalah; Pembelajaran langsung; Pemecahan masalah matematis; Komunikasi matematis
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 27 Feb 2017 08:55
Last Modified: 27 Feb 2017 08:55
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/23320

Actions (login required)

View Item
View Item