Ainun, Rosita (2006) IMPLEMENTASI MANAJEMEN KEPALA SEKOLAH DI SEKOLAH DASAR PERCOBAAN NEGERI KOTA MEDAN. Masters thesis, UNIMED.
1. 035030204 Kata Pengantar.pdf - Published Version
Download (506kB) | Preview
2. 035030204 Abstrak.pdf - Published Version
Download (492kB) | Preview
3. 035030204 Daftar Isi.pdf - Published Version
Download (511kB) | Preview
4. 035030204 Bab I.pdf - Published Version
Download (539kB) | Preview
5. 035030204 Bab V.pdf - Published Version
Download (491kB) | Preview
6. 035030204 Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Download (494kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini dilaksanakan untuk menjawab permasalahan (1) Implementasi manajemen sekolah yang bagaimana yang digunakan di SD Percobaan Negeri Medan, sebagai seorang manajer, sehingga menjadikan sekolah ini berhasil (2) Dukungan apa yang diberikan oleh komite sekolah sehingga menjadi sekolah unggulan yang diminati masyarakrat. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui strategi yang digunakan kepala sekolah, bahwa kekuatan manajemen di SD Percobaan Negeri terletak pada peningkatan belajar siswa, menciptakan iklim sekolah yang kondusif dan kegiatan ekstra kurikuler yang bermanfaat bagi keterampilan siswa. Data penelitian ini dikumpulkan dengan: observasi yang berperan serta dalam situasi aktivitas sekolah, pengkajian dokumen, analisis data, merumuskan temuan dan wawancara. Data yang terkumpul mulai dan awal sampai akhir penelitian dianalisis, dirumuskan temuan dan dibuat laporannya. Ternuan penelitian ini yaitu kepala di SD Percobaan Negeri dalam kepemimpinannya selalu menciptakan suasana kekeluargaan, saling terbuka dan saling percaya sesama guru dan staffnya. Kepala sekolah dalam pelaksanaan tugasnya mengadakan pembagian kerja kepada guru dan staffnya. Dalam menentukan suatu kebijakan kepala sekolah sering mengambil strategi bermusyawarah, kadang kala bila ada permasalahan dapat diputuskan sendiri maka kepala sekolah mengambil kebijakan langsung. Hasil penelitian implementasi manajemen SD Percobaan Negeri Medan menunjukkan bahwa kepala sekolah dalam menghadapi pegawainya, guru, dan siswa yang diangap proaktif atau berpengalaman banyak memberikan kebebasan dan arahan, tetapi pada yang aktif dan kurang berpengalaman banyak memberikan arahan dan dukungan untuk pengembangannya. Kepemimpinannya selalu menyesuaikan dengan tingkat kematangan bawahan. Dengan demikian strategi manajemen yang diterapkan adalah strategi manajemen situasional. Dimana strateginya disesuaikan dengan situasi dan kondisi saat ini.Manajemen sekolah merupakan proses kerja sama antara personil sekolah untuk merealisasikan misi sekolah, oleh karena itu kepala sekolah harus menciptakan iklim dan lingkungan kerja yang kondusif. lklim yang kondusif ini tampak pada kinerja kepala sekolah.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 371.200 68 Ain |
Keywords: | Kurikulum; Pembelajaran; Kepegawaian; Keuangan; Kesiswaan; Manajemen sekolah |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1705 Education and training of teachers and administrators L Education > LB Theory and practice of education > LB2801 School Administration and Organization |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Administrasi Pendidikan |
Depositing User: | Mrs Elsya Fitri Utami |
Date Deposited: | 09 Apr 2016 08:13 |
Last Modified: | 28 Apr 2016 00:29 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/2332 |