PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN KONEKSI MATEMATIS SISWA MENGGUNAKAN PENDEKATAN REALISTIK DI SMP NEGERI 4MEDAN

Sihombing, Nova Rany (2016) PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN KONEKSI MATEMATIS SISWA MENGGUNAKAN PENDEKATAN REALISTIK DI SMP NEGERI 4MEDAN. Masters thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. COVER.pdf]
Preview
Text
1. COVER.pdf - Published Version

Download (73kB) | Preview
[thumbnail of 2. APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (198kB) | Preview
[thumbnail of 3. ABSTRAC.pdf]
Preview
Text
3. ABSTRAC.pdf - Published Version

Download (69kB) | Preview
[thumbnail of 4. PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. PREFACE.pdf - Published Version

Download (159kB) | Preview
[thumbnail of 5. TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (219kB) | Preview
[thumbnail of 6. TABLE.pdf]
Preview
Text
6. TABLE.pdf - Published Version

Download (197kB) | Preview
[thumbnail of 7. ILLUSTRATION.pdf]
Preview
Text
7. ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (167kB) | Preview
[thumbnail of 8. CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
8. CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (118kB) | Preview
[thumbnail of 12. CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
12. CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (269kB) | Preview
[thumbnail of 13. BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
13. BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (237kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) Apakah peningkatan kemampuan pemecahan masalah antara siswa yang mengikuti pembelajaran dengan pendekatan realistik lebih tinggi daripada siswa yang mengikuti pembelajaran melalui pembelajaran biasa, (2)Apakah peningkatan kemampuan koneksi matematika antara siswa yang mengikuti pembelajaran dengan pendekatan realistik lebih tinggi daripada siswa yang mengikuti pembelajaran melalui pembelajaran biasa, (3) Apakahterdapat interaksi antara pembelajaran dengan kemampuan awal matematika siswa terhadap peningkatan kemampuan pemecahan masalah siswa, (4) Apakahterdapat interaksi antara pembelajaran dengan kemampuan awal matematika siswa terhadap peningkatan kemampuan koneksi matematis siswa, (5) Bagaimana proses penyelesaian jawaban yang dibuat siswa dalam menyelesaikan masalah pada masing-masing pembelajaran. Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperiment. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Medan. Secara acak, dipilih dua kelas dari Sembilan kelas berjumlah 76 orang siswa. Kelas eksperimen diberi perlakuan pendekatan realistik dan kelas control dengan pembelajaran biasa. Instrumen yang digunakan terdiri dari : (1) test kemampuan pemecahan masalah matematik, (2) test kemampuan koneksi matematis. Instrumen tersebut telah memenuhi syarat validasi. Analisis data dilakukandenganuji t dananalisisvarians (ANAVA) duajalur. Hasil penelitiaan menunjukkan (1) Peningkatan kemampuan pemecahan masalah antara siswa yang mengikuti pembelajaran dengan pendekatan realistik lebih tinggi daripada siswa yang mengikuti pembelajaran melalui pembelajaran biasa. (2) Kemampuan koneksi matematika antara siswa yang mengikuti pembelajaran dengan pendekatan realistik lebih tinggi daripada siswa yang mengikuti pembelajaran melalui pembelajaran biasa. (3) Tidak terdapat interaksi antara pembelajaran dengan kemampuan awal matematika siswa terhadap peningkatan kemampuan pemecahan masalah siswa. (4) Tidakterdapat interaksi antara pembelajaran dengan kemampuan awal matematika siswa terhadap peningkatan kemampuan koneksi matematis siswa.(5) Proses penyelesaian jawaban siswa menggunakan pendekatan realistik lebih baik daripada pembelajaran biasa.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: 510.071 Sih p
Keywords: Pendekatan; Realistik; Kemampuan; Pemecahan masalah; Koneksi; Matematis
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 27 Feb 2017 08:42
Last Modified: 27 Feb 2017 08:42
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/23318

Actions (login required)

View Item
View Item