Harahap, Masleni (2017) PENGEMBANGAN LKS BERBASIS PENDEKATAN REALISTIK UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIFSISWA KELAS VIII SMP YAYASAN AL-HIDAYAHMEDAN T.A 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.
1.NIM. 4123311027 COVER.pdf - Published Version
Download (86kB) | Preview
2.NIM. 4123311027 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (134kB) | Preview
3.NIM. 4123311027 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (75kB) | Preview
4.NIM. 4123311027 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (115kB) | Preview
5.NIM. 4123311027 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (196kB) | Preview
6.NIM. 4123311027 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
7.NIM. 4123311027 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (72kB) | Preview
8.NIM. 4123311027 BAB I.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
12.NIM. 4123311027 BAB V.pdf - Published Version
Download (115kB) | Preview
13.NIM. 4123311027 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (117kB) | Preview
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk : (1) Mengembangkan LKS berbasis pendekatan realistik yang efektif dalam meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa.(2) Mengetahui keefektifan LKS yang dikembangkan berbasis pendekatan realistik terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa Kelas VIII SMP Yayasan perguruan Al- Hidayah Medan. (3) Mengetahui respon siswa terhadap LKS yang dikembangkan berbasis pendekatan realistik. Jenis penelitian ini adalah pengembangan. Pengembangan yang dilakukan adalah pengembangan terhdap perangkat berupa LKS melalui model 4D (Four –D model) yang dikemukakan Thiagajaran, Semmel dan Semmel dan dimodifikasi sesuai kebutuhan. Model ini meliputi empat tahapan terdiri dari tahapan pendefeisian (define), tahap rancangan (design), tahap pengembangan (develope) dan tahap penyebaran (dessiminate). Uji coba LKS dilakukan sebanyak dua kali uji coba dan dilakukan pada siswa kelas VIII di SMP Yayasan Al-hidayah Medan. Pada uji coba 1, sampel diambil dari kelas VIII-B sebanyak 30 orang siswa dan setelah diperoleh hasilnya belum efektif, maka dilakukan perbaikan maka dilakukan uji coba 2. Pada uji coba 2, sampel diambil dari kelas VIII-A sebanyak 33 orang siswa. Hasil penelitian disimpulkan beberapa hal berikut (1) Kemampuan berpikir kreatif siswa pada uji coba 2 adalah 3,1 (kategori kreatif) (2)Efektivitas LKS berbasis pendekatan realistik disimpulkan berdasarkan bahwa : (a) Ketuntasan klaksikal sebesar 90% (b) Ketercapaia tujuan pembelajaran khusus (TPK) 75% (c) waktu yang digunakan dalam pembelajaran lebih efisien atau tidak melebihi pembelajaran biasa (3) Respon siswa terhadap LKS berbasis pendekatan realistik adalah positif. Sehingga disarankan kepada setiap guru terutama guru matematika agar mampu mengembangkan LKS siswa sendiri sesuai dengan kebutuhan peserta didiknya.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 MAT 028 |
Keywords: | LKS; Pendekatan realistik; Kemampuan berpikir kreatif |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 27 Feb 2017 04:35 |
Last Modified: | 27 Feb 2017 04:35 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/23300 |