Sitinjak, Hotdinawati (2017) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA PADA MATERI PERBANDINGAN DI KELAS VII SMP NEGERI 4 MEDAN TAHUN AJARAN 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 4134111001 COVER.pdf - Published Version
Download (73kB) | Preview
2. NIM. 4134111001 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (35kB) | Preview
3. NIM. 4134111001 RIWAYAT HIDUP.pdf - Published Version
Download (48kB) | Preview
4. NIM. 4134111001 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (50kB) | Preview
5. NIM. 4134111001 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (90kB) | Preview
6. NIM. 4134111001 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (129kB) | Preview
7. NIM. 4134111001 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (72kB) | Preview
8. NIM. 4134111001 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (48kB) | Preview
9. NIM. 4134111001 DAFTAR DIAGRAM.pdf - Published Version
Download (47kB) | Preview
10. NIM. 4134111001 DAFTAR GRAFIK.pdf - Published Version
Download (47kB) | Preview
11. NIM. 4134111001 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (48kB) | Preview
12. NIM. 4134111001 BAB I.pdf - Published Version
Download (550kB) | Preview
16. NIM. 4134111001 BAB V.pdf - Published Version
Download (129kB) | Preview
17. NIM. 4134111001 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (91kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa dengan menggunakan model pembelajaran Inkuiri pada materi Perbandingan di kelas VII SMP Negeri 4 Medan T.A 2016/2017.Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII-5 SMP Negeri 4 Medan yang berjumlah 37 orang dan objek penelitian ini adalah meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa dengan model pembelajaran Inkuiri pada materi pokok Perbandingan di kelas VII SMP Negeri 4 Medan T.A 2016/2017. Instrument penelitian yang digunakan adalah tes, observasi, wawancara dan dokumentasi. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri atas 2 siklus, masing – masing terdiri dari dua kali pertemuan. Hasil dari PTK ini merupakan tindakan. Sebelum memberikan tindakan, terlebih dahulu diberikan tes awal dan setiap akhir siklus diberikan tes kemampan pemecahan masalah. Dari hasil analisis data diperoleh peningkatan hasil tes akhir kemampuan pemecahan masalah. Jumlah siswa yang mencapai ketuntasan belajar dari tes awal yaitu 5 dari 33 orang siswa (15,15 %) dengan rata – rata kelas 43,94. Hasil analisis data pada siklus I setelah menggunakan model pembelajaran Inkuiri menunjukkan jumlah siswa yang mencapai ketuntasan belajar adalah 29 siswa dari 37 orang siswa (78,4%) dengan rata – rata kelas 71,08. Hasil analisis data pada siklus II dengan model pembelajaran Inkuiri menunujukkan jumlah siswa yang mencapai ketuntasan belajar adalah 32 siswa dari 37 orang siswa ( 86,5%) dengan rata – rata kelas 79,73. Berdasarkan kriteria ketuntasan klasikal maka pembelajaran ini telah mencapai target ketuntasan belajar. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran Inkuiri mampu meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 MAT 034 |
Keywords: | Kemampuan pemecahan masalah; Model pembelajaran inkuiri |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 27 Feb 2017 04:31 |
Last Modified: | 27 Feb 2017 04:31 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/23299 |