Tursina, Mutiara (2017) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPETHINK- PAIR-SHARE (TPS) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA KELAS VIII DI SMP YAYASAN MADRASAH ISLAMIYAH T.A. 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.
1 NIM 4123311031 COVER.pdf - Published Version
Download (60kB) | Preview
2 NIM 4123311031 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (227kB) | Preview
3 NIM 4123311031 RIWAYAT HIDUP.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
4 NIM 4123311031 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (52kB) | Preview
5 NIM 4123311031 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (91kB) | Preview
6 NIM 4123311031 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (127kB) | Preview
7 NIM 4123311031 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (87kB) | Preview
8 NIM 4123311031 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (47kB) | Preview
9 NIM 4123311031 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (87kB) | Preview
10 NIM 4123311031 BAB I.pdf - Published Version
Download (540kB) | Preview
14 NIM 4123311031 BAB V.pdf - Published Version
Download (134kB) | Preview
15 NIM 4123311031 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (117kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Think-Pair-Share (TPS) dikelas VIII Yayasan Madrasah Islamiyah Medan T.A. 2016/2017. Subjek dalam peneliti ini adalah siswa kelas VIII-3 Yayasan Madrasah Islamiyah Medan yang berjumlah 32 orang dan objek peneliti ini adalah meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa dengan model pembelajaran kooperatif tipe Think-Pair-Share (TPS) di kelas VIII Yayasan Madrasah Islamiyah Medan. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes, lembar observasi, dan dokumentasi.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri atas 2 siklus, masing-masing terdiri dari dua kali pertemuan. Sebelum memberikan tindakan, terlebih dahulu diberikan tes awal dan pada setiap akhir siklus, siswa diberikan tes kemampuan pemecahan masalah. Dari hasil analisis data tes awal diperoleh peningkatan hasil tes akhir kemampuan pemecahan masalah. Jumlah siswa yang mampu memecahkan masalah dari tes awal adalah 13 dari 32 orang siswa (40,62%) dengan rata-rata kelas 46,06. Hasil analisis data tes kemampuan pemecahan masalah pada siklus I setelah menggunakan model pembelajaran koperatif tipe ThinkPair-Share (TPS) menunjukkan 18 orang siswa (56,25%) yang mampu memcahkan masalah dengan nilai rata-rata 52,34. Sedangkan pada siklus II meningkat menjadi 28 orang siswa (87,5%) yang mampu memecahkan masalah dengan nilai rata-rata 78,75. Berdasarkan kriteria ketuntasan klasikal maka pembelajaran ini telah mencapai target ketuntasan belajar. Dengan demikian dapat disimpulakan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Think-Pair-Share (TPS) dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa pada materi sistem persamaan linier dua variabel dikelas VIII Yayasan Madrasah Islamiyah Medan. Saran yang diajukan adalah agar penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TPS ini dapat dijadikan salah satu alternatif pembelajaran yang efektif untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam memecahkan masalah matematika.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 MAT 031 |
Keywords: | Kesulitan belajar; Matematika; Pembelajaran kooperatif langsung; Persamaan linier dua variabel |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 27 Feb 2017 04:26 |
Last Modified: | 27 Feb 2017 04:26 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/23298 |