Efriliana (2017) UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR SHARE (TPS) MATERI KESEBANGUNAN DAN KEKONGRUENAN KELAS IX SMP NEGERI 3 PERCUT SEI TUAN T.A 2016/ 2017. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 4123111018 COVER.pdf - Published Version
Download (68kB) | Preview
2. NIM. 4123111018LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (116kB) | Preview
3. NIM. 4123111018 RIWAYAT HIDUP.pdf - Published Version
Download (48kB) | Preview
4. NIM. 4123111018 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (143kB) | Preview
5. NIM. 4123111018 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (315kB) | Preview
6. NIM. 4123111018 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (215kB) | Preview
7. NIM. 4123111018 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (126kB) | Preview
8. NIM. 4123111018 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (126kB) | Preview
9. NIM. 4123111018 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (171kB) | Preview
10. NIM. 4123111018 BAB I.pdf - Published Version
Download (889kB) | Preview
14. NIM. 4123111018 BAB V.pdf - Published Version
Download (235kB) | Preview
15. NIM. 4123111018 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (170kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa setelah diterapkan model pembelajaran kooperatif tipe think pair share di kelas IX SMP Negeri 3 Percut Sei Tuan tahun ajaran 2016/2017. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IX-2 SMP Negeri 3 Percut Sei Tuan tahun ajaran 2016/2017 yang berjumlah 34 orang. Objek penelitian ini adalah meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa melalui model pembelajaran kooperatif think pair share pada pokok bahasan kesebangunan dan kekongruenan di kelas IX SMP Negeri 3 Percut Sei Tuan tahun ajaran 2016/2017. Berdasarkan analisis data pada tes awal kemampuan komunikasi matematis siswa diperoleh 9 siswa (26,5%) dari 34 siswa telah memiliki kemampuan komunikasi matematis minimal kategori sedang (nilainya 65). Setelah pemberian tindakan pada siklus I melalui pemberian tes kemampuan komunikasi matematis I diperoleh 16 siswa (44,12%) dari 34 siswa telah memiliki kemampuan komunikasi matematis minimal kategori sedang (nilainya 65). Setelah tindakan II, melalui pemberian tes kemampuan komunikasi matematis II diperoleh 28 siswa (82,35%) dari 34 siswa yang telah memiliki kemampuan komunikasi matematis minimal kategori sedang (nilainya 65). Berdasarkan kriteria ketuntasan klasikal maka persentase ketuntasan ini sudah memenuhi. Berdasarkan uraian di atas disimpulkan komunikasi matematis siswa meningkat dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe think pair share di kelas IX SMP Negeri 3 Percut Sei Tuan tahun ajaran 2016/2017.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 MAT 025 |
Keywords: | Komunikasi matematis; Model pembelajaran think pair share; Pembelajaran matematika |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QA Mathematics Q Science > QA Mathematics > QA440 Geometry. Trigonometry. Topology |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 27 Feb 2017 04:07 |
Last Modified: | 27 Feb 2017 04:07 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/23293 |