Nasution, Nur Syamsiah (2017) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA DI KELAS VIII SMP YAYASAN PERGURUAN AL-HIDAYAH MEDAN T.A. 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. 4123311038 COVER.pdf - Published Version
Download (50kB) | Preview
2. 4123311038 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (40kB) | Preview
3. 4123311038 RIWAYAT HIDUP.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
4. 4123311038 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (92kB) | Preview
5. 4123311038 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (91kB) | Preview
6. 4123311038 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (90kB) | Preview
7. 4123311038 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (48kB) | Preview
8. 4123311038 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
9. 4123311038 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (89kB) | Preview
10. 4123311038 BAB 1.pdf - Published Version
Download (339kB) | Preview
14. 4123311038 BAB V.pdf - Published Version
Download (131kB) | Preview
15. 4123311038 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (91kB) | Preview
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk: (1) mengetahui strategi yang digunakan dalam menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Divisions (STAD) dalam meningkatkan aktivitas belajar siswa, (2) mengetahui peningkatan aktivitas belajar siswa setelah diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievement Divisions (STAD) di Kelas VIII SMP Yayasan Perguruan AL-Hidayah Medan T.A 2016/2017. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research). Penelitian ini dilaksanakan di kelas VIII SMP Yayasan Perguruan AL-Hidayah Medan pada semester ganjil T.A 2016/2017. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII- C SMP Yayasan Perguruan AL-Hidayah Medan yang berjumlah 36 orang sedangkan objek dalam penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Division untuk meningkatkan aktivitas belajar matematika siswa pada materi Sistem persamaan linier dua variabel tahun ajaran 2016/2017. Dari hasil penelitian diperoleh bahwa Aktivitas belajar siswa pada siklus I belum memenuhi kategori ideal karena persentase aktivitas siswa berdiskusi/ bertanya antar siswa dan antara siswa dengan guru serta merespon pertanyaan guru/teman belum memenuhi batas toleransi PWI (Persentase Waktu Ideal) yaitu 14,23% dan 6,42% (total 20,65%) dari waktu yang tersedia sedangkan idealnya adalah berkisar 25% sampai 35%. Aktivitas siswa memperhatikan penjelasan guru/teman telah melewati batas toleransi PWI yaitu 30,375% yang idealnya berkisar 20% sampai 30%. Namun, pada siklus II persentase aktivitas siswa berdiskusi/ bertanya antar siswa dan antara siswa dengan guru serta merespon pertanyaan guru/teman sudah memenuhi batas toleransi PWI yaitu 24,30% dan 8,33% (total 32,68%). Untuk aktivitas siswa memperjhatikan penjelasan guru/teman pada siklus II telah memenuhi batas toleransi PWI yaitu 23,95%. Karena semua kriteria sudah dipenuhi maka aktivitas belajar siswa dalam pembelajaran pada siklus II telah memenuhi kategori ideal. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Division dapat meningkatkan aktivitas belajar matematika siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 MAT 037 |
Keywords: | Pembelajaran matematika; Hasil belajar; Pembelajaran kooperatif; Materi pelajaran; Persamaan linier |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 27 Feb 2017 04:02 |
Last Modified: | 27 Feb 2017 04:02 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/23290 |