Paulus, Lambok Putera (2017) PENERAPAN PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL UNTUK MENINGGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP PADA POKOK SISTEM PERSAMAAN LINEAT DUA VARIABEL ( SPLDV) KELAS VIII SMP SWASTA METHODIST 9 MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 4123311023 COVER.pdf - Published Version
Download (55kB) | Preview
2. NIM. 4123311023 APPRAOVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (90kB) | Preview
3. NIM. 4123311023 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (50kB) | Preview
4. NIM. 4123311023 PRAFACE.pdf - Published Version
Download (236kB) | Preview
5. NIM. 4123311023 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (95kB) | Preview
6. NIM. 4123311023 LIST OF FIGURES.pdf - Published Version
Download (47kB) | Preview
7. NIM. 4123311023 LIST OF TABLES.pdf - Published Version
Download (50kB) | Preview
8. NIM. 4123311023 LIST OF APPENDICES.pdf - Published Version
Download (50kB) | Preview
9. NIM. 4123311023 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (396kB) | Preview
13. NIM. 4123311023 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (174kB) | Preview
14. NIM. 4123311023 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (220kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan pemahaman konsep siswa dengan menerapkan model pembelajaran kontekstual pada pokok bahasan sistem persamaan linear dua variabel (SPLDV) di kelas VIII SMP Swasta Methodist 9 tahun ajaran 2016/2017. Penelitian ini merupakan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Objek penelitian ini adalah meningkatkan pemahaman konsep matematika siswa Dengan menerapkan pembelajaran kontekstual pada pokok bahasan Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV) yang berjumlah 32 orang siswa. Sebelum menerapkan tindakan, siswa diberikan tes diagnostik. Dari hasil tes diagnostik yang diperoleh menunjukkan bahwa hasil belajar siswa masih rendah, terdapat 10 dari 32 siswa (31,25%). Setelah pemberian tindakan pada siklus I tingkat ketuntasan belajar siswa secara klasikal adalah 56,25% atau ada 18 dari 32 siswa yang tuntas belajar secara individu dengan nilai rata-rata 61,27. Selanjutnya setelah pelaksanaan tindakan pada siklus II, tingkat ketuntasan belajar siswa secara klasikal adalah 87,5% atau ada 28 dari 32 siswa yang tuntas belajar secara individu. Hasil penelitian ini membuktian bahwa penerapan pembelajaran Kontekstual dapat meningkatkan Pemahaman Konsep siswa pada pokok bahasan sistem persamaan linear dua variabel (SPLDV) di kelas VIII SMP Methodist 9 Medan Tahun Ajaran 2016/2017.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 MAT 029 |
Keywords: | Pembelajaran kontekstual (CTL); Pemahaman konsep |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 27 Feb 2017 03:57 |
Last Modified: | 27 Feb 2017 03:57 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/23287 |