Siregar, Azwar (2017) UPAYA MENINGKATAN HASIL BELAJAR SERVIS BAWAH BOLA VOLI MELALUI GAYA MENGAJAR RESIPROKAL PADA SISWA KELAS X MA. LAB. IKIP AL WASHLIYAH MEDAN TAHUN AJARAN 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 6103311038 COVER.pdf - Published Version
Download (131kB) | Preview
2. NIM. 6103311038 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (386kB) | Preview
3. NIM. 6103311038 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (51kB) | Preview
4. NIM. 6103311038 PREFACE.pdf - Published Version
Download (246kB) | Preview
5. NIM. 6103311038 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (95kB) | Preview
6. NIM. 6103311038 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (48kB) | Preview
7. NIM. 6103311038 TABLES.pdf - Published Version
Download (48kB) | Preview
8. NIM. 6103311038 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
9. NIM. 6103311038 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (534kB) | Preview
13. NIM. 6103311038 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (169kB) | Preview
14. NIM. 6103311038 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (334kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui upaya meningkatkan hasil
belajar servis bawah bola voli dengan menggunakan gaya mengajar resiprokal
pada siswa kelas MA. Lab. IKIP Al Washliyah Medan Tahun Ajaran 2015/2016.
Subjek dalam penelitian ini adalah kelas X dengan jumlah siswa sebanyak dari 30
orang siswa terdiri dari 14 perempuan dan 16 laki-laki. Instrumen yang digunakan
dalam penelitian ini adalah lembar penilaian proses servis bawah bola voli. Pada
data awal (sebelum siklus) diperoleh nilai rata-rata yang belum tuntas adalah
sebesar 70% dimana dari 30 orang siswa terdapat 9 siswa yang telah tuntas atau
mendapatkan nilai diatas batas ketentuan maksimal, sedangkan 21 siswa
dinyatakan tidak tuntas. Hal ini berarti hanya 30% siswa yang mencapai
ketuntasan secara klasikal dari keseluruhan jumlah siswa. Untuk itu peneliti
merasa perlu melakukan beberapa perbaikan dalam pembelajaran. Penelitian ini
menggunakan metode penelitian tindakan kelas, yang terdiri dari dua siklus.
Dengan menggunakan gaya mengajar resipokal untuk meningkatkan hasil belajar
servis bawah bola voli.
Untuk memperoleh data dalam penelitian ini maka dilakukan tes siklus I
yang berbentuk teknik dasar servis bawah bola voli. Setelah siklus I
dilaksanakan, maka diperoleh peningkatan hasil belajar siswa dimana dari 30
orang siswa terdapat 17 siswa yang telah tuntas yaitu sebesar 56,67% dengan nilai
rata-rata 70,27 dan siswa yang tidak tuntas berjumlah 13 siswa dengan ketuntasan
belajar klasikal 43,33%. Ini berarti ketuntasan belajar klasikal (<75%) belum
tercapai, untuk itu peneliti masih perlu melakukan beberapa perbaikan dalam
pembelajaran, dan peneliti melanjutkan penelitiannya dengan dilakukannya tes
siklus II. Setelah siklus II dilaksanakan maka diperoleh peningkatan hasil belajar
siswa dimana dari 30 orang siswa terdapat 25 siswa yang telah tuntas yaitu
sebesar 83,33% dengan nilai rata-rata 78,60 dan siswa yang tidak tuntas 5 siswa
16,67%. Ini berarti ketuntasan belajar secara klasikal(>75%) telah tercapai.
Berdasarkan hasil penelitian di atas, dapat disimpulkan bahwa dengan
menggunakan gaya mengajar Resiprokal dapat meningkatkan hasil belajar servis
bawah bola voli pada siswa kelas MA. Lab. IKIP Al Washliyah Medan Tahun
Ajaran 2015/2016
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 PJKR 003 |
Keywords: | Pendidikan Jasmani, hasil Belajar, Bola Voli |
Subjects: | G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure > GV557 Sports G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure > GV557 Sports > GV861 Ball games: Baseball, football, golf, etc. L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 27 Feb 2017 03:24 |
Last Modified: | 27 Feb 2017 03:24 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/23276 |