Daulay, Anwar Hafiz (2017) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR LOMPAT JAUH GAYA JONGKOK MELALUI PENDEKATAN BERMAIN PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 3 KISARAN TAHUN AJARAN 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 6123311012 COVER.pdf - Published Version
Download (82kB) | Preview
2.LEMBAR PERSETUJUAN DAN LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (696kB) | Preview
3. NIM. 6123311012 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (129kB) | Preview
4. NIM. 6123311012 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (320kB) | Preview
5. NIM. 6123311012 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (213kB) | Preview
6. NIM. 6123311012 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (125kB) | Preview
7. NIM. 6123311012 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (127kB) | Preview
8. NIM. 6123311012 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (128kB) | Preview
9. NIM. 6123311012 BAB I.pdf - Published Version
Download (408kB) | Preview
13. NIM. 6123311012 BAB V.pdf - Published Version
Download (90kB) | Preview
14. NIM. 6123311012 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (174kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar Lompat Jauh Gaya
Jongkok melalui pendekatan bermain pada siswa kelas VII3 Penelitian ini
dilaksanakan di SMP Negeri 3 Kisaran Tahun Ajaran 2016/2017.
Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas(PTK) dan
subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII3 yang terdiri dari 30 siswa, objek dalam
penelitian ini adalah pendekatan bermain dalam upaya meningkatkan hasil belajar
lompat jauh gaya jongkok pada siswa kelas VII3 SMP Negeri 3 Kisaran Tahun
ajaran 2016/2017. Instrument yanga digunakan dalam penelitian ini berupa lembar
penilaian teknik dasar Lompat Jauh Gaya Jongkok dan lembar observasi proses
pembelajaran.
Dari tes hasil belajar sebelum dilakukan pembelajaran melalui pendekatan
bermain (data awal) diperoleh 10 orang siswa (33,33%) yang telah mencapai
ketuntasan belajar, sedangkan 20 orang siswa (66,67%) belum mencapai ketuntasan
belajar.Dengan nilai rata-rata hasil belajar siswa adalah 65. Kemudian dilakukan
pembelajaran melalui pendekatan bermain. Berdasarkan dari tes hasil belajar lompat
jauh gaya jongkok, pada siklus I diperoleh 18 orang siswa (60,00%) yang telah
mencapai tingkat ketuntasan belajar, sedangkan 12 orang siswa ( 40,00%) belum
mencapai tingkat ketuntasan belajar. Dengan nilai rata-rata hasil belajar siswa adalah
69. Pada siklus II diperoleh 26 orang siswa ( 86,67%) yang telah mencapai tingkat
ketuntasan belajar, sedangkan 4 orang siswa (13,33%) belum mencapai tingkat
ketuntasan belajar, dengan nilai rata-rata hasil belajar siswa adalah 76. Dalam hal ini
dapat dilihat bahwa terjadi peningkatan nilai rata-rata hasil belajar siswa dari siklus I
ke siklus II yaitu selisih 7 angka dan peningkatan ketuntasan klasikalnya sebesar
26,67%.
Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa melalui pendekatan
bermain dapat meningkatkan hasil belajar Lompat Jauh Gaya Jongkok pada siswa
kelas VII3 SMP NEGERI 3 KI
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 PJKR 027 |
Keywords: | Hasil Belajar Lompat Jauh Gaya Jongkok, Pendekatan Bermain |
Subjects: | G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure > GV557 Sports G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure > GV557 Sports > GV712 Athletic contests. Sports events L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 27 Feb 2017 03:17 |
Last Modified: | 27 Feb 2017 03:17 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/23274 |