Rasyid, Oloan Tua Sulaiman (2017) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR LOMPAT JAUH GAYA JONGKOK MELALUI VARIASI PEMBELAJARAN PADA SISWA KELAS VII SMP PLUS DARUL ILMI MURNI TAHUN AJARAN 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 6123311094 COVER.pdf - Published Version
Download (118kB) | Preview
2. NIM 6123311094 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (708kB) | Preview
3. NIM 6123311094 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (255kB) | Preview
4. NIM 6123311094 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (390kB) | Preview
5. NIM 6123311094 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (259kB) | Preview
6. NIM 6123311094 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
7. NIM 6123311094 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (115kB) | Preview
8. NIM 6123311094 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (118kB) | Preview
9. NIM 6123311094 BAB I.pdf - Published Version
Download (493kB) | Preview
13 NIM 6123311094 BAB V.pdf - Published Version
Download (233kB) | Preview
14. NIM 6123311094 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (169kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar lompat
jauh gaya jongkok melalui variasi pembelajaran pada siswa VII SMP Plus Darul
Ilmi Murni Tahun Ajaran 2016/2017. Subjek dalam penelitian ini adalah kelas VII
dengan jumlah siswa sebanyak 24 orang, yang terdiri dari 12 orang siswa putra,
dan 12 siswa putri yang akan diberikan tindakan melalui variasi pembelajaran
dengan media (bola kecil, ban sepeda motor bekas, tali karet, bola karet) untuk
meningkatkan hasi belajar lompat jauh gaya jongkok. Instrumen yang digunakan
dalam penelitian ini adalah lembar penilaian lompat jauh gaya jongkok.
Untuk memperoleh data dalam penelitian ini maka dilakukan tes siklus I
melalui variasi pembelajaran dengan media (bola kecil, ban sepeda motor bekas,
tali karet, bola karet), setelah siklus I dilaksanakan maka diperoleh peningkatan
nilai hasil belajar siswa dari 24 orang siswa terdapat 15 siswa yang telah tuntas
yaitu sebesar (62,5%) dan siswa yang belum tuntas 9 siswa yaitu sebesar (37,5%)
dengan nilai rata – rata 69,79% (belum tuntas). Ini berarti ketuntasan belajar
klasikal (< 85%) belum tercapai, untuk itu peneliti masih perlu melakukan
beberapa perbaikan dalam pembelajaran, dan peneliti melanjutkan penelitiannya
dengan dilakukannya tes siklus II yang sama perlakuannya di siklus I. Setelah
siklus II dilaksanakan maka diperoleh peningkatan hasil belajar siswa dari 24
orang siswa terdapat 22 siswa yang telah tuntas yaitu sebesar (91,67%) dan siswa
yang belum tuntas 2 siswa yaitu sebesar (8,33%) dengan nilai rata – rata 85,15%.
Ini berarti ketuntasan belajar secara klassikal (< 85%) telah tercapai.
Berdasarkan hasil penelitian diatas, dapat disimpulkan bahwa dengan
melalui variasi pembelajaran dengan media (bola kecil, ban sepeda motor bekas,
tali karet, bola karet) dapat meningkatkan hasil belajar lompat jauh gaya jongkok
pada siswa kelas VII SMP Plus Darul Ilmi Murni Tahun Ajaran 2016 /2017.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 PJKR 026 |
Keywords: | Pendidikan Jasmani, Hasil Belajar, Atletik, Lompat jauh |
Subjects: | G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure > GV557 Sports > GV712 Athletic contests. Sports events L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 27 Feb 2017 02:46 |
Last Modified: | 27 Feb 2017 02:46 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/23260 |