Sapira, Malga (2017) IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KOLABORATIF TERINTEGRASI MEDIA PADA HASIL BELAJAR DAN KARAKTER SISWA DALAM MATERI STRUKTUR ATOM. Undergraduate thesis, UNIMED.
1 NIM 4123331025 COVER.pdf - Published Version
Download (53kB) | Preview
2 NIM 4123331025 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (270kB) | Preview
4 NIM 4123331025 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (129kB) | Preview
5 NIM 4123331025 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (192kB) | Preview
6 NIM 4123331025 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (214kB) | Preview
7 NIM 4123331025 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (127kB) | Preview
8 NIM 4123331025 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (125kB) | Preview
9 NIM 4123331025 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (129kB) | Preview
10 NIM 4123331025 BAB I.pdf - Published Version
Download (437kB) | Preview
14 NIM 4123331025 BAB V.pdf - Published Version
Download (170kB) | Preview
15 NIM 4123331025 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (349kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar dan
tumbuh kembang karakter siswa. Penelitian dilakukan terhadap siswa kelas X
SMA Swasta Istiqlal Deli Tua Medan. Sampel ditetapkan dengan cluster random
sampling yakni mengambil 3 kelas yang dijadikan kelas eksperimen. Pengambilan
data untuk hasil belajar siswa diperoleh instrumen yang valid sebanyak 20 soal
dan reliabel (0,616). Sedangkan, data untuk karakter rasa ingin tahu, kerjasama
dan tanggung jawab siswa diperoleh menggunakan data instrumen yang telah
valid. Hasil penelitian menunjukkan ada perbedaan hasil belajar siswa pada model
pembelajaran Kolaboratif terintegrasi media Peta Konsep, Powerpoint dan
Macromedia Flash, data yang diperoleh : Fhitung > Ftabel yakni Fhitung = 11,034
dengan Ftabel =3,26. Untuk media yang lebih baik adalah Kolaboratif terintegrasi
Macromedia Flash dibandingkan kedua media lainnya yakni Macromedia Flash >
Powerpoint > Peta Konsep dengan rata-rata nilai yang diperoleh : 79,66 > 77,50 >
73,33. Implemetasi model pembelajaran Kolaboratif terintegrasi media Peta
Konsep, Powerpoint, dan Macromedia Flash dapat menumbuh kembangkan
karakter dalam materi struktur atom, dimana pada model kolaboratif terintegrasi
Peta Konsep karakter yang muncul atau berkembang adalah rasa ingin tahu = 75%
dibandingkan kerjasama dan tanggung jawab, untuk Powerpoint karakter yang
berkembang adalah tanggung jawab = 76,2% dibandingkan rasa ingin tahu dan
kerjasama, untuk Macromedia Flash karakter yang berkembang adalah kerjasama
= 83,5% dibandingkan kerjasama dan rasa ingin tahu. Kesimpulan dari penelitian
; ada perbedaan hasil belajar kimia menggunakan model Kolaboratif terintegrasi
media.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 KIM 010 |
Keywords: | Peta Konsep, Powerpoint, Macromedia Flash, kolaboratif, hasil belajar |
Subjects: | Q Science > QD Chemistry > QD241 Organic chemistry Q Science > QD Chemistry > QD71 Analytical chemistry |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 25 Feb 2017 05:47 |
Last Modified: | 25 Feb 2017 05:47 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/23253 |