Nainggolan, Andi Putra (2017) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PENCAPAIAN KONSEP (CONCEPT ATTAINMENT) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK PENGUKURAN DI KELAS X SEMESTER I SMA NEGERI 2 LUBUK PAKAM T.A. 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 4123321005 COVER.pdf - Published Version
Download (130kB) | Preview
2. NIM 4123321005 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (253kB) | Preview
3. NIM 4123321005 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (131kB) | Preview
4. NIM 4123321005 PREFACE.pdf - Published Version
Download (268kB) | Preview
4. NIM 4123321005 PREFACE.pdf - Published Version
Download (268kB) | Preview
5. NIM4123321005 TABLES OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (174kB) | Preview
6. NIM 4123321005 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (129kB) | Preview
7. NIM 4123321005 TABLES.pdf - Published Version
Download (129kB) | Preview
8. NIM 4123321005 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (170kB) | Preview
9. NIM 4123321005 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (499kB) | Preview
13. NIM 4123321005 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (171kB) | Preview
14. NIM 4123321005 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (242kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran
pencapaian konsep (concept attainment) terhadap hasil belajar siswa pada materi
pengukuran di SMA N 2 Lubuk Pakam T.A 2016/2017.
Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen. Populasi dalam penelitian
adalah seluruh siswa kelas X Semester I SMA N 2 Lubuk Pakam yang terdiri dari
4 kelas. Pengambilan sampel dilakukan secara cluster random sampling dengan
mengambil 2 kelas secara acak yaitu kelas X-II berjumlah 34 orang sebagai kelas
eksperimen dan kelas X-III berjumlah 34 orang sebagai kelas kontrol. Instrumen
yang digunakan adalah tes hasil belajar dan aktivitas belajar. kelas eksperimen
diberikan perlakuan dengan model pembelajaran pencapaian konsep (concept
attainment) dan kelas kontrol dengan pembelajaran konvensional.
Sebelum diberikan perlakuan dilakukan pretes, yaitu nilai rata-rata pretes
kelas ekperimen 34,41 dan kelas kontrol 34,26. Pada pengujian data pretes kedua
kelas diperoleh bahwa data kedua kelas berdistribusi normal dan homogen. Hasil
uji t pretes di peroleh thitung < ttabel (0,055 < 1,998) maka H0 diterima artinya
kemampuan awal siswa pada kelas eksperimen sama dengan siswa pada kelas
kontrol. Kemudian diberikan perlakuan pada kelas eksperimen dengan model
pembelajaran pencapaian konsep (Concept Attainment) dan kelas kontrol dengan
pembelajaran konvensional. Selama proses pembelajaran di kelas ekperimen
aktivitas belajar siswa meningkat nilai rata-ratanya, yaitu pertemuan I 55,88,
Pertemuan II 66,67, dan Pertemuan III 76,47. Di akhir pembelajaran diberikan
postes dengan hasil rata-rata kelas ekperimen 78,38 dan kelas kontrol 69,85. Hasil
pengolahan data postes diperoleh thitung > ttabel (3,11 > 1,998) Ha diterima yang
artinya ada pengaruh penggunaan model pembelajaran pencapaian konsep
(Concept Attainment) terhadap hasil belajar siswa pada materi pengukuran di
SMA Negeri 2 Lubuk Pakam kelas X semester I T.A 2016/2017.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 FIS 039 |
Keywords: | Concept Attainment , Hasil Belajar, Pengukuran |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QC Physics > QC310 Thermodynamics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 25 Feb 2017 03:11 |
Last Modified: | 25 Feb 2017 03:11 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/23233 |