Sinaga, Libri (2017) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH TERHADAP KEMAMPUANPEMECAHANMASALAHSISWA PADAMATERIPOKOKLISTRIKDINAMISDI KELASX SEMESTERIISMANEGERI2BINJAIT.P2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.
1 NIM 4123121031 COVER.pdf - Published Version
Download (51kB) | Preview
2 NIM 4123121031 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (488kB) | Preview
3 NIM 4123121031 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (50kB) | Preview
4 NIM 4123121031 PREFACE.pdf - Published Version
Download (91kB) | Preview
5 NIM 4123121031 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (131kB) | Preview
6 NIM 4123121031 TABLES.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
7 NIM 4123121031 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
8 NIM 4123121031 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
9 NIM 4123121031 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (281kB) | Preview
13 NIM 4123121031 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (105kB) | Preview
14 NIM 4123121031 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (118kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran
berbasis masalah terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa pada materi
pokok listrik dinamis di kelas X semester II SMA Negeri 2 Binjai T.P. 2015/2016.
Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan populasi seluruh
siswa kelas X SMA Negeri 2 Binjai yang terdiri dari 7 kelas. Sampel penelitian
diambil 2 kelas yang ditentukan dengan kelas X-5 sebagai kelas eksperimen yang
diberi perlakuan dengan menggunakan model pembelajaran berbasis masalah dan
kelas X-4 sebagai kelas kontrol yang menggunakan pembelajaran konvensional.
Sebelum perlakuan diberikan, terlebih dahulu dilakukan uji normalitas dan uji
homogenitas. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes
kemampuan pemecahan masalah dalam bentuk essai sebanyak 10 soal yang telah
dinyatakan valid dan lembar kerja siswa.
Dari hasil penelitian diperoleh, diperoleh nilai rata–rata pretes kelas
eksperimen 19,69 dan pada kelas kontrol sebesar 18,81. Dari uji normalitas dan
uji homogenitas data pretes untuk kedua kelas sampel disimpulkan bahwa kedua
kelas sampel normal dan homogen. Setelah diberi perlakuan yang berbeda kepada
kelas eksperimen dan kelas kontrol, dari hasil postes diperoleh nilai rata-rata
untuk kelas eksperimen 71,57 dengan kategori tuntas dan nilai rata–rata postes
untuk kelas kontrol 55,33 dengan kategori tuntas. Dari hasil lembar kerja siswa
diperoleh nilai rata-rata 68,60 pada pertemuan pertama, 73,00 pada pertemuan
kedua dan 73,6 pada pertemuan ketiga. Melalui pengujian statistik dapat
disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan model pembelajaran berbasis
masalah terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa pada materi listrik
dinamis di kelas X SMA Negeri 2 Binjai T.P.2015/2016.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 FIS 043 |
Keywords: | model pembelajaran berbasis masalah, kemampuan pemecahan masalah, listrik dinamis |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QC Physics > QC501 Electricity |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 25 Feb 2017 03:04 |
Last Modified: | 25 Feb 2017 03:04 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/23232 |