PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION (GI) TERHADAP PENGETAHUANKONSEPTUAL SISWAPOKOK BAHASAN SUHU DANKALORFISIKA SMK KELAS X SEMESTER II T.P. 2015/2016

Lisnayanti (2017) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION (GI) TERHADAP PENGETAHUANKONSEPTUAL SISWAPOKOK BAHASAN SUHU DANKALORFISIKA SMK KELAS X SEMESTER II T.P. 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM 4122121009  Cover.pdf]
Preview
Text
1. NIM 4122121009 Cover.pdf - Published Version

Download (129kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM 4122121009 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM 4122121009 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (277kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM 4122121009  CURICULUM VITAE.pdf]
Preview
Text
3. NIM 4122121009 CURICULUM VITAE.pdf - Published Version

Download (48kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM 4122121009  ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
4. NIM 4122121009 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (53kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM 4122121009  PREVACE.pdf]
Preview
Text
5. NIM 4122121009 PREVACE.pdf - Published Version

Download (270kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM 4122121009  TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
6. NIM 4122121009 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (213kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM 4122121009  ILLUSTRATIONS.pdf]
Preview
Text
7. NIM 4122121009 ILLUSTRATIONS.pdf - Published Version

Download (128kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM 4122121009  TABLES.pdf]
Preview
Text
8. NIM 4122121009 TABLES.pdf - Published Version

Download (204kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM 4122121009 APPENDICES.pdf]
Preview
Text
9. NIM 4122121009 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (92kB) | Preview
[thumbnail of 10. NIM 4122121009 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
10. NIM 4122121009 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (419kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM 4122121009  CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
14. NIM 4122121009 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (136kB) | Preview
[thumbnail of 15. NIM 4122121009  BIBIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
15. NIM 4122121009 BIBIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (264kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: mengetahui hasil belajar fisika siswa yang
menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation (GI) untuk
mengetahui hasil belajar konseptual fisika siswa pada materi suhu dan kalor jenis
penelitian ini adalah penelitian quasi experiment. Teknik pengambilan sampel
dilakukan secara cluster random sampling. Kelas eksperimen adalah kelas X TPTU-2
yang berjumlah 35 siswa dan kelas kontrol adalah kelas X TSM-1 yang berjumlah 35
siswa. Instrumen yang digunakan adalah tes pilihan ganda konseptual dan lembar
observasi siswa, tes belajar dalam bentuk pilihan ganda sebanyak 20 soal jawaban
yang sebelumnnya telah divalidkan. Sebelum diberikan perlakuan diadakan pretes
terlebih dahulu dengan hasil kemampuan kedua kelas adalah sama. Kemudian diberi
perlakuan yaitu kelas eksperimen dengan model pembelajaran kooperatif tipe Group
Investigation (GI) dan kelas kontrol dengan pembelajaran konvensional. Selama
proses pembelajaran dikelas eksperimen pengetahuan konseptual siswa diperoleh
dengan rata-rata pretes kelas yang menggunakan model pembelajaran Group
Investigation adalah 35,19 dan kelas yang menggunakan pembelajaran konvensional
adalah 33,65 sedangkan rata-rata postes kelas yang menggunakan model
pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation adalah 54 dan kelas pembelajaran
konvensional adalah 42. Peningkatan hasil belajar pengetahuan konseptual sebesar
28,57%. Dari hasil tersebut diperoleh nilai gain untuk kelas konvensional adalah 0,12
sedangkan untuk kelas yang menggunakan model kooperatif tipe Group Investigation
adalah 0,29. Hasil uji hipotesis uji t dengan thitung > ttabel (13,95 > 1,997) menunjukkan
bahwa pengetahuan konseptual siswa dengan model pembelajaran kooperatif tipe
Group Investigation (GI) lebih baik daripada pembelajaran konvensional.
Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh model
pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation (GI) terhadap hasil belajar
pengetahuan konseptual siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2017 FIS 042
Keywords: Kooperatif tipe Group Investigation (GI), hasil belajar, konseptual
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QC Physics > QC251 Heat
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 25 Feb 2017 02:54
Last Modified: 25 Feb 2017 02:54
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/23230

Actions (login required)

View Item
View Item