Lisnayanti (2017) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION (GI) TERHADAP PENGETAHUANKONSEPTUAL SISWAPOKOK BAHASAN SUHU DANKALORFISIKA SMK KELAS X SEMESTER II T.P. 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 4122121009 Cover.pdf - Published Version
Download (129kB) | Preview
2. NIM 4122121009 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (277kB) | Preview
3. NIM 4122121009 CURICULUM VITAE.pdf - Published Version
Download (48kB) | Preview
4. NIM 4122121009 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (53kB) | Preview
5. NIM 4122121009 PREVACE.pdf - Published Version
Download (270kB) | Preview
6. NIM 4122121009 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (213kB) | Preview
7. NIM 4122121009 ILLUSTRATIONS.pdf - Published Version
Download (128kB) | Preview
8. NIM 4122121009 TABLES.pdf - Published Version
Download (204kB) | Preview
9. NIM 4122121009 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (92kB) | Preview
10. NIM 4122121009 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (419kB) | Preview
14. NIM 4122121009 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (136kB) | Preview
15. NIM 4122121009 BIBIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (264kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: mengetahui hasil belajar fisika siswa yang
menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation (GI) untuk
mengetahui hasil belajar konseptual fisika siswa pada materi suhu dan kalor jenis
penelitian ini adalah penelitian quasi experiment. Teknik pengambilan sampel
dilakukan secara cluster random sampling. Kelas eksperimen adalah kelas X TPTU-2
yang berjumlah 35 siswa dan kelas kontrol adalah kelas X TSM-1 yang berjumlah 35
siswa. Instrumen yang digunakan adalah tes pilihan ganda konseptual dan lembar
observasi siswa, tes belajar dalam bentuk pilihan ganda sebanyak 20 soal jawaban
yang sebelumnnya telah divalidkan. Sebelum diberikan perlakuan diadakan pretes
terlebih dahulu dengan hasil kemampuan kedua kelas adalah sama. Kemudian diberi
perlakuan yaitu kelas eksperimen dengan model pembelajaran kooperatif tipe Group
Investigation (GI) dan kelas kontrol dengan pembelajaran konvensional. Selama
proses pembelajaran dikelas eksperimen pengetahuan konseptual siswa diperoleh
dengan rata-rata pretes kelas yang menggunakan model pembelajaran Group
Investigation adalah 35,19 dan kelas yang menggunakan pembelajaran konvensional
adalah 33,65 sedangkan rata-rata postes kelas yang menggunakan model
pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation adalah 54 dan kelas pembelajaran
konvensional adalah 42. Peningkatan hasil belajar pengetahuan konseptual sebesar
28,57%. Dari hasil tersebut diperoleh nilai gain untuk kelas konvensional adalah 0,12
sedangkan untuk kelas yang menggunakan model kooperatif tipe Group Investigation
adalah 0,29. Hasil uji hipotesis uji t dengan thitung > ttabel (13,95 > 1,997) menunjukkan
bahwa pengetahuan konseptual siswa dengan model pembelajaran kooperatif tipe
Group Investigation (GI) lebih baik daripada pembelajaran konvensional.
Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh model
pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation (GI) terhadap hasil belajar
pengetahuan konseptual siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 FIS 042 |
Keywords: | Kooperatif tipe Group Investigation (GI), hasil belajar, konseptual |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QC Physics > QC251 Heat |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 25 Feb 2017 02:54 |
Last Modified: | 25 Feb 2017 02:54 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/23230 |