Ramadhan, Rizky (2017) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR LARI SPRINT MELALULI PENDEKATAN BERMAIN PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 2 KUTALIMBARU TAHUN AJARAN 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 6121111034 COVER.pdf - Published Version
Download (57kB) | Preview
2. NIM 6121111034 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (712kB) | Preview
3. NIM 6121111034 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (52kB) | Preview
4. NIM 6121111034 PREFACE.pdf - Published Version
Download (341kB) | Preview
5. LIST OF FIGURES TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (171kB) | Preview
6. NIM 6121111034 LIST OF TABLE.pdf - Published Version
Download (128kB) | Preview
7. NIM 6121111034 LIST OF FIGURES.pdf - Published Version
Download (192kB) | Preview
8. NIM 6121111034 LIST OF APPENDICES.pdf - Published Version
Download (126kB) | Preview
9. NIM 6121111034 BAB I.pdf - Published Version
Download (474kB) | Preview
13. NIM 6121111034 BAB V.pdf - Published Version
Download (193kB) | Preview
14. NIM 6121111034 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (128kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar lari
sprint melalui pendekatan bermain pada siswa kelas VII SMP Negeri 2
Kutalimbaru Tahun Ajaran 2016/2017. Metode penelitian ini bersifat penelitian
tindakan kelas dan subjek penelitian ini adalah kelas VII yang terdiri dari 36
siswa. Adapun instrumen penelitian dalam penelitian ini adalah berupa lembar
penilaian portofolio tes hasil belajar.
Untuk memperoleh data dalam penelitian ini maka dilakukan tes siklus I
yang berbentuk lari sprint 50 Meter dengan menggunakan metode pendekatan
bermain. Setelah siklus I dilaksanakan maka diperoleh peningkatan hasil belajar
siswa dimana dari 36 orang siswa terdapat 20 siswa yang telah tuntas yaitu
sebesar 55,56% dengan nilai rata-rata 64,58 dan siswa yang tidak tuntas berjumlah
sebanyak 16 siswa dengan ketuntasan belajar klasikal 44.44%. Ini berarti kriteria
ketuntasan minimal (>75) belum tercapai, untuk itu peneliti masih perlu
melakukan beberapa perbaikan dalam pembelajaran, dan peneliti melanjutkan
penelitiannya dengan dilakukannya tes siklus II sebanyak 2 kali pertemuan yang
sama perlakuannya di siklus I. Setelah siklus II dilaksanakan maka diperoleh
peningkatan hasil belajar siswa dimana dari 36 orang siswa terdapat 31 siswa
yang telah tuntas yaitu sebesar 86,11% dengan nilai rata-rata 78,44 dan siswa
yang tidak tuntas berjumlah 5 siswa 13,89% . Ini berarti kriteria ketuntasan
minimal (>75) telah tercapai.
Berdasarkan hasil penelitian di atas, dapat disimpulkan bahwa dengan
Melalui metode pendekatan bermain dapat meningkatkan hasil belajar lari sprint
pada siswa kelas VII SMP Negeri 2 Kutalimbaru Tahun Ajaran 2016/2017.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 PJKR 031 |
Keywords: | Pendidikan Jasmani, Olahraga, Atelitik |
Subjects: | G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure > GV557 Sports L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 24 Feb 2017 09:00 |
Last Modified: | 24 Feb 2017 09:00 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/23217 |