Sinaga, Junika Hotmaida (2016) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DAN KECERDASAN EMOSIONAL TERHADAP KREATIVITAS ANAK USIA DINI DI LEMBAGA PAUD. Masters thesis, UNIMED.
1. Cover.pdf - Published Version
Download (151kB) | Preview
2. Pengesahan + Persetujuan + Plagiat.pdf - Published Version
Download (228kB) | Preview
3. Abstrak B. Indonesia + B. Inggris .pdf - Published Version
Download (78kB) | Preview
4. kata pengantar.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
5. Daftar Isi.pdf - Published Version
Download (143kB) | Preview
6. Daftar Tabel.pdf - Published Version
Download (36kB) | Preview
7. Daftar Gambar.pdf - Published Version
Download (34kB) | Preview
8 Daftar Lampiran.pdf - Published Version
Download (64kB) | Preview
9.BAB I.pdf - Published Version
Download (371kB) | Preview
13. BAB V.pdf - Published Version
Download (278kB) | Preview
14. Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Download (189kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Kreativitas anak usia dini yang diajarkan dengan model pembelajaran sinektik lebih tinggi daripada yang diajarkan dengan model pembelajaran langsung; (2) Kreativitas anak usia dini yang memiliki kecerdasan emosional tinggi lebih tinggi daripada anak usia dini yang memiliki kecerdasan emosional rendah; dan (3) Interaksi antara model pembelajaran dan kecerdasan emosional terhadap kreativitas anak usia dini. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh anak usia dini di PAUD Kenanga Raya yang berjumlah 40 anak. Sampel dalam penelitian ini ditentukan secara acak dengan teknik cluster random sampling, dengan mengambil 20 anak usia 5-6 tahun. Metode penelitian menggunakan penelitian eksperimen semu (quasi experiment). Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes kreativitas figural dan skala kecerdasan emosi anak usia dini. Analisis data yang digunakan adalah Anava Faktorial 2 x 2. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh: (1) terdapat perbedaan kreativitas anak usia dini yang diajarkan model pembelajaran sinektik dengan kreativitas anak usia dini yang diajarkan model pembelajaran langsung dengan Fhitung>Ftabel (20,6>1,74); (2) terdapat perbedaan kreativitas anak usia dini yang memiliki kecerdasan emosional tinggi dengan kreativitas anak usia dini yang memiliki kecerdasan emosional rendah dengan Fhitung>Ftabel (51,59>1,74); dan (3) ada interaksi antara model pembelajaran dan kecerdasan emosional terhadap kreativitas anak usia dini dengan Fhitung>Ftabel (35,92>1,74). Hasil penelitian yang diperoleh diharapkan memberikan informasi bagi pengelola Lembaga PAUD dan tenaga pendidik PAUD untuk menggunakan model pembelajaran sinektik dalam meningkatkan kreativitas anak usia dini di Lembaga PAUD. Selain itu, perlu bagi tenaga pendidik memperhatikan kecerdasan emosional anak dalam proses pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 372.24 Sin p |
Keywords: | Kreativitas; Model pembelajaran; Kecerdasan emosional |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1101 Child study L Education > LB Theory and practice of education > LB1139 Early childhood education L Education > LB Theory and practice of education > LB1141 Kindergarten |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Teknologi Pendidikan |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 23 Feb 2017 04:35 |
Last Modified: | 23 Feb 2017 04:35 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/23187 |