Tampubolon, Elfine (2017) UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN GURU EKONOMI MENERAPKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW MELALUI SUPERVISI KLINIS DENGAN PENDEKATAN KOLABORATIF DI SMA NEGERI 1 SUMBUL DAN SMA NEGERI 1 SILAHISABUNGAN KABUPATEN DAIRI. Masters thesis, UNIMED.
COVER.pdf - Published Version
Download (43kB) | Preview
LEMBAR PENGESAHAN DAN PERSETUJUAN.pdf - Published Version
Download (177kB) | Preview
ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (270kB) | Preview
KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (209kB) | Preview
DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (143kB) | Preview
DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (116kB) | Preview
BAB I.pdf - Published Version
Download (474kB) | Preview
BAB V.pdf - Published Version
Download (169kB) | Preview
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (225kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan guru ekonomi dalam menerapkan model pembelajaran model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw melalui supervisi klinis dengan pendekatan kolaboratif di SMA Negeri 1 Sumbul dan SMA Negeri 1 Silahisabungan Kabupaten Dairi. Subjek penelitian ini adalah guru-guru mata pelajaran ekonomi di SMA Negeri Negeri 1 Sumbul dan SMA Negeri 1 Silahisabungan Kabupaten Dairi yang berjumlah lima orang. Fokus penelitian adalah penerapan supervisi klinis dengan pendekatan kolaboratif untuk meningkatkan kemampuan guru ekonomi dalam menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dan kemampuan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw. Desain penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan sekolah yang dilaksanakan sebanyak dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap, yakni: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah instrumen telaah RPP dan lembar observasi kemampuan guru menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw. Hasil penelitian menunjukkan pada siklus I rata-rata nilai kemampuan guru dalam menyusun rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) adalah 81,25 dengan kategori baik, dan kemampuan guru menerapkan model pembelajaran model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw adalah 75,00 dengan kategori cukup. Pada siklus II rata-rata nilai kemampuan guru dalam menyusun RPP sebesar 93,23 dengan kategori amat baik, dan kemampuan guru menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw adalah 89,09 dengan kategori baik. Dengan demikian hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan supervisi klinis dengan pendekatan kolaboratif dapat meningkatkan kemampuan guru ekonomi dalam menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw di SMA Negeri 1 Sumbul dan SMA Negeri 1 Silahisabungan Kabupaten Dairi.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 371.203 Tam u |
Keywords: | Kemampuan guru; Model pembelajaran; Supervisi klinis; Pendekatan kolaboratif |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2341 Supervision and administration. Business management |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Administrasi Pendidikan |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 23 Feb 2017 03:48 |
Last Modified: | 23 Feb 2017 03:48 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/23180 |