Hasibuan, Husnifa (2017) ANALISIS KESULITAN BELAJAR SISWA PADA MATERI VIRUS DI KELAS X ALIYAH AL–FAJRI TANJUNGBALAI TAHUN PEMBELAJARAN 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 4123141039 COVER.pdf - Published Version
Download (38kB) | Preview
2. NIM. 4123141039 APPROVAL SHEET.docx.pdf - Published Version
Download (157kB) | Preview
3. NIM. 4123141039 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (216kB) | Preview
4. NIM. 4123141039 PREFACE.pdf - Published Version
Download (131kB) | Preview
5. NIM. 4123141039 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (68kB) | Preview
6. NIM. 4123141039 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (34kB) | Preview
7. NIM. 4123141039 TABLE.pdf - Published Version
Download (34kB) | Preview
8. NIM. 4123141039 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (35kB) | Preview
9. NIM. 4123141039 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (354kB) | Preview
13. NIM. 4123141039 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (139kB) | Preview
14. NIM. 4123141039 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (229kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesulitan belajar siswa pada materi virus di kelas X dari aspek kognitif, berdasarkan hasil peta konsep, dan faktor penyebab kesulitan belajar siswa kelas X Aliyah Al– Fajri Tanjungbalai Tahun pembelajaran 2016/2017. Desain penelitian yang digunakan adalah deskriptif-kuantitatif. Populasi dalam penelitian adalah siswa Kelas X IPA. Sampel diambil secara sampel total yaitu kelas X1, X2 dan X3 dengan jumlah siswa 95 orang di Aliyah Al–Fajri Tanjungbalai. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes hasil belajar siswa pada materi virus, peta konsep acuan dan wawancara terbatas dengan siswa mengenai faktor penyebab kesulitan belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persentase kesulitan belajar siswa pada aspek kognitif tingkat pengetahuan (C1) 69,13% dengan kategori kesulitan sangat tinggi, tingkat pemahaman (C2) 31,58% dengan kategori kesulitan sedang, tingkat penerapan (C3) 15,06% dengan kategori kesulitan rendah, tingkat analisis (C4) 42,64% dengan kategori kesulitan tinggi, tingkat evaluasi (C5) 37,55% dengan kategori kesulitan tinggi, tingkat kreasi (C6) 45,79% dengan tingkat kategori kesulitan tinggi. Persentase perkembangan peta konsep siswa pada materi virus: persentase perkembangan peta konsep siswa berdasarkan hasil peta konsep dengan persentase 18,94% dengan kriteria sederhana, letak kesulitan siswa terletak pada indikator mengidentifikasikan ciri-ciri virus. Persentase 57,89% dengan kriteria berkembang, letak kesulitan siswa terletak pada indikator menjelaskan cara replikasi virus dan persentase 23,15% dengan kriteria kompleks, kesulitan siswa terletak pada indikator membedakan struktur tubuh virus dengan makluk lain. Faktor penyebab kesulitan belajar siswa yaitu faktor minat, materi dan media sedangkan faktor yang paling dominan dalam kesulitan belajar siswa adalah faktor minat.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 BIO 011 |
Keywords: | Kesulitan belajar; Aspek kognitif; Peta konsep dan faktor penyebab kesulitan belajar |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 23 Feb 2017 03:27 |
Last Modified: | 23 Feb 2017 03:27 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/23176 |