ANALISIS KESULITAN BELAJAR SISWA PADA MATERI VIRUS DI KELAS X ALIYAH AL–FAJRI TANJUNGBALAI TAHUN PEMBELAJARAN 2016/2017

Hasibuan, Husnifa (2017) ANALISIS KESULITAN BELAJAR SISWA PADA MATERI VIRUS DI KELAS X ALIYAH AL–FAJRI TANJUNGBALAI TAHUN PEMBELAJARAN 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM. 4123141039 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM. 4123141039 COVER.pdf - Published Version

Download (38kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM. 4123141039 APPROVAL SHEET.docx.pdf]
Preview
Text
2. NIM. 4123141039 APPROVAL SHEET.docx.pdf - Published Version

Download (157kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM. 4123141039 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. NIM. 4123141039 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (216kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM. 4123141039 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. NIM. 4123141039 PREFACE.pdf - Published Version

Download (131kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM. 4123141039 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM. 4123141039 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (68kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM. 4123141039 ILLUSTRATION.pdf]
Preview
Text
6. NIM. 4123141039 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (34kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM. 4123141039 TABLE.pdf]
Preview
Text
7. NIM. 4123141039 TABLE.pdf - Published Version

Download (34kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM. 4123141039 APPENDICES.pdf]
Preview
Text
8. NIM. 4123141039 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (35kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM. 4123141039 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
9. NIM. 4123141039 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (354kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM. 4123141039 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
13. NIM. 4123141039 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (139kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM. 4123141039 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
14. NIM. 4123141039 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (229kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesulitan belajar siswa pada materi virus di kelas X dari aspek kognitif, berdasarkan hasil peta konsep, dan faktor penyebab kesulitan belajar siswa kelas X Aliyah Al– Fajri Tanjungbalai Tahun pembelajaran 2016/2017. Desain penelitian yang digunakan adalah deskriptif-kuantitatif. Populasi dalam penelitian adalah siswa Kelas X IPA. Sampel diambil secara sampel total yaitu kelas X1, X2 dan X3 dengan jumlah siswa 95 orang di Aliyah Al–Fajri Tanjungbalai. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes hasil belajar siswa pada materi virus, peta konsep acuan dan wawancara terbatas dengan siswa mengenai faktor penyebab kesulitan belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persentase kesulitan belajar siswa pada aspek kognitif tingkat pengetahuan (C1) 69,13% dengan kategori kesulitan sangat tinggi, tingkat pemahaman (C2) 31,58% dengan kategori kesulitan sedang, tingkat penerapan (C3) 15,06% dengan kategori kesulitan rendah, tingkat analisis (C4) 42,64% dengan kategori kesulitan tinggi, tingkat evaluasi (C5) 37,55% dengan kategori kesulitan tinggi, tingkat kreasi (C6) 45,79% dengan tingkat kategori kesulitan tinggi. Persentase perkembangan peta konsep siswa pada materi virus: persentase perkembangan peta konsep siswa berdasarkan hasil peta konsep dengan persentase 18,94% dengan kriteria sederhana, letak kesulitan siswa terletak pada indikator mengidentifikasikan ciri-ciri virus. Persentase 57,89% dengan kriteria berkembang, letak kesulitan siswa terletak pada indikator menjelaskan cara replikasi virus dan persentase 23,15% dengan kriteria kompleks, kesulitan siswa terletak pada indikator membedakan struktur tubuh virus dengan makluk lain. Faktor penyebab kesulitan belajar siswa yaitu faktor minat, materi dan media sedangkan faktor yang paling dominan dalam kesulitan belajar siswa adalah faktor minat.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2017 BIO 011
Keywords: Kesulitan belajar; Aspek kognitif; Peta konsep dan faktor penyebab kesulitan belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 23 Feb 2017 03:27
Last Modified: 23 Feb 2017 03:27
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/23176

Actions (login required)

View Item
View Item