Hasibuan, Siti Kholilah (2017) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA DAN KEMAMPUAN BERPIKIR LOGIS TERHADAP HASIL BELAJAR KIMIA SISWA PADA MATERI LAJU REAKSI. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 4123131083 COVER.pdf - Published Version
Download (65kB) | Preview
2. NIM 4123131083 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (175kB) | Preview
4. NIM 4123131083 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (256kB) | Preview
5. NIM 4123131083 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (296kB) | Preview
6. NIM 4123131083 DAFTAR.pdf - Published Version
Download (231kB) | Preview
7. NIM 4123131083 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (202kB) | Preview
8. NIM 4123131083 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (132kB) | Preview
9. NIM 4123131083 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (257kB) | Preview
10. NIM 4123131083 BAB I.pdf - Published Version
Download (435kB) | Preview
14. NIM 4123131083 BAB V.pdf - Published Version
Download (168kB) | Preview
15. NIM 4123131083 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (303kB) | Preview
3. NIM 4123131083 RIWAYAT HIDUP.pdf - Published Version
Download (125kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran
dengan menggunakan media dan kemampuan berpikir logis terhadap hasil belajar
kimia siswa pada materi laju reaksi. Penelitian dilakukan terhadap siswa kelas XI
IPA MAN 2 Model Medan T.P. 2016/2017.
Sampel kelas diambil dengan teknik sampling purposif dan begitu pula
dalam pengambilan sampel siswa di kelas akan dilakukan juga dengan teknik
sampling purposif yang didasarkan pada nilai pretest yang relatif homogen dan
juga didasarkan test terhadap kemampuan berpikir logis siswa. Kedua kelas yang
diajarkan dengan dua model dibagi menjadi empat kelas dengan kombinasi
faktorial 2 X 2. Ada dua faktor yang diuji cobakan yaitu faktor A : Model
pembelajaran dengan menggunakan media yang terdiri dari 2 taraf yaitu A1=
model Inkuiri dengan media riil dan A2= model Inkuiri dengan media virtual,
faktor B: kemampuan berpikir logis yang terdiri 2 taraf yaitu B1 = kemampuan
berpikir logis tinggi dan B2 = kemampuan berpikir logis rendah. Berdasarkan uji
hipotesis pada taraf signifikan α = 0,05, diperoleh bahwa Fhitung(A) dan (B)
sebesar 20,7645 sedangkan harga Ftabel (0,05) (1,64)= 3,99 maka Fhitung>Ftabel Hal
tersebut menunjukkan ada interaksi antara model pembelajaran dengan
menggunakan media dan kemampuan berpikir logis terhadap hasil belajar kimia
siswa.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa yang diajarkan dengan model
Inkuiri dengan media riil pada siswa berkemampuan berpikir logis tinggi
memberikan rataan tertinggi yakni (83,7778 ± 6,0736), dan rataan pada siswa
berkemampuan berpikir logis tinggi yang diajarkan dengan model Inkuiri dengan
media virtual yakni (82 ± 6,5828). Selanjutnya diperoleh bahwa hasil belajar
kimia siswa yang diajarkan dengan model Inkuiri dengan media riil pada siswa
berkemampuan berpikir logis rendah memberikan rataan yakni (76,1764 ±
6,7103), dan pada siswa berkemampuan berpikir logis rendah yang diajarkan
dengan model Inkuiri dengan media virtual memberikan rataan yakni (76,2941 ±
7,8482). Pada uji pengaruh sederhana, siswa yang memiliki kemampuan berpikir
logis tinggi dan rendah tidak ada perbedaan yang disignifikan antara rataan hasil
belajar kimia siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran dengan
menggunakan media.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 KIM 006 |
Keywords: | Model Pembelajaran Inkuiri, Media Riil , Media Virtual, Interaksi, Hasil Belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QD Chemistry > QD415 Biochemistry |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 23 Feb 2017 03:28 |
Last Modified: | 23 Feb 2017 03:28 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/23175 |