Rahayu (2017) PERBEDAAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN TIPE TPS DENGAN STAD TERHADAP HASIL BELAJAR PADA MATERI SPLDV DI KELAS X SMA NEGERI 1 KUALATA.2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 4122111014 COVER.pdf - Published Version
Download (53kB) | Preview
2. NIM 4122111014 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (225kB) | Preview
4. NIM 4122111014 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (174kB) | Preview
5. NIM 4122111014 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (222kB) | Preview
6. NIM 4122111014 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (214kB) | Preview
7. NIM 4122111014 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (125kB) | Preview
8. NIM 4122111014 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (126kB) | Preview
9. NIM 4122111014 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (127kB) | Preview
10. NIM 4122111014 BAB I.pdf - Published Version
Download (530kB) | Preview
14. NIM 4122111014 BAB V.pdf - Published Version
Download (128kB) | Preview
15. NIM 4122111014 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (169kB) | Preview
3. NIM 4122111014 RIWAYAT HIDUP.pdf - Published Version
Download (125kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen. Penelitian ini
bertujuan untuk mengetahui apakah ada perbedaan pemecahan masalah
matematika siswa yang diajar dengan model kooperatif tipe TPS (Think Pair
Share) dengan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa yang diajar
dengan model kooperatif tipe STAD (Student Teams Achievement Division) pada
materi SPLDV (Sistem Persamaan Linier Dua Variabel) di kelas X SMAN 1
Kuala. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMAN 1
Kuala yang terdiri dari 9 kelas. Dua kelas dijadikan sampel, yaitu kelas X-1 yang
merupakan kelas eksperimen A sebanyak 40 orang dan kelas X-2 yang merupakan
kelas eksperimen B sebanyak 40 orang. Kelas eksperimen A menggunakan model
pembelajaran tipe TPS (Think Pair Share) dan pada kelas eksperimen B
menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD (Student Teams
Achievement Division). Untuk memperoleh data yang diperlukan dalam penelitian
ini dilakukan test, dengan test essay sebanyak 5 soal dan telah dinyatakan valid
oleh tim ahli.
Sebelum pengujian hipotesis, terlebih dahulu dilakukan uji normalitas dan
homogenitas data. Dari pengujian ini diperoleh bahwa sampel berasal dari
populasi yang memiliki varians yang homogen dan berdistribusi normal. Dari
analisis data pada kelas eksperimen A diperoleh rata-rata pre-test 29,5 dan
simpangan baku pre-test 10,896 sedangkan nilai rata-rata post-test 78,75 dan
simpangan baku post-test 9,816. Pada kelas eksperimen B diperoleh nilai rata-rata
pretest 24 dan simpangan baku pre-test 11,029 sedangkan nilai rata-rata pos-test
72,65 dan simpangan baku post-test 8,891.
Dari analisa data post-test dengan menggunakan uji-t taraf α = 0,05
diperoleh nilai thitung = 2,908 dan ttabel = 1,994 Sehingga diperoleh thitung > ttabel
maka H0 ditolak dan Ha diterima. Maka dapat disimpulkan bahwa terdapat
perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa melalui
pembelajaran kooperatif tipe Think-Pair-Share dengan pembelajaran kooperatif
tipe Student Teams Achievement Division Kelas X SMA Negeri 1 Kuala
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 MAT 022 |
Keywords: | Model pembelajaran kooperatif tipe STAD, model pembelajaran kooperatif tipe TPS, Pemecahan masalah matematika |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 23 Feb 2017 02:10 |
Last Modified: | 23 Feb 2017 02:10 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/23163 |