PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIFE TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER DENGAN SNOWBALL THROWING PADA SUB MATERI STRUKTUR DAN FUNGSI SEL DI KELAS XI SMA NEGERI 11 MEDAN T.P 2016/2017

Berutu, Nurul Afni (2017) PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIFE TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER DENGAN SNOWBALL THROWING PADA SUB MATERI STRUKTUR DAN FUNGSI SEL DI KELAS XI SMA NEGERI 11 MEDAN T.P 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM. 4123341035 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM. 4123341035 COVER.pdf - Published Version

Download (67kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM. 4123341035 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM. 4123341035 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (160kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM. 4123341035 ABSTRACK.pdf]
Preview
Text
3. NIM. 4123341035 ABSTRACK.pdf - Published Version

Download (167kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM. 4123341035 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. NIM. 4123341035 PREFACE.pdf - Published Version

Download (310kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM. 4123341035 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM. 4123341035 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (96kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM. 4123341035  ILLUSTRATION.pdf]
Preview
Text
6. NIM. 4123341035 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (126kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM. 4123341035 TABLE.pdf]
Preview
Text
7. NIM. 4123341035 TABLE.pdf - Published Version

Download (126kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM. 4123341035 APPENDICES.pdf]
Preview
Text
8. NIM. 4123341035 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (128kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM. 4123341035 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
9. NIM. 4123341035 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (475kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM. 4123341035 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
13. NIM. 4123341035 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (195kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM. 4123341035 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
14. NIM. 4123341035 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (172kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together dengan Snowball Throwing pada sub materi Struktur dan Fungsi Sel di kelas XI SMA Negeri 11 Medan tahun pembelajaran 2016/2017. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas XI SMA Negeri 11 Medan yang terdistribusi atas 5 kelas dengan jumlah 202 orang sedangkan sampel yang diambil sebanyak dua kelas yaitu kelas XI IPA4 dan kelas XI IPA6 yang diambil secara random sampling dimana kelas XI IPA4 diajar menggunakan model pembelajaran kooperatif Numbered Head Together sedangkan kelas XI IPA6 diajar menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Snowball Throwing. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Instrumen yang digunakan pada penelitian adalah tes objektif 30 soal dari 50 soal yang telah diuji validitasnya. Berdasarkan hasil uji persyaratan analisis data kedua kelas sampel dinyatakan berdistribusi normal dan homogen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together lebih tinggi dengan rata-rata sebesar 76.5 dibanding hasil belajar belajar siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Snowball Throwing dengan rata-rata sebesar 66. Adanya perbedaan tersebut juga terbukti melalui pengujian hipotesis dengan menggunakan uji-t dengan taraf signifikan α = 0,05, dimana thitung > ttabel (6.54 > 1.66) yang berarti dalam penelitian ini Ha diterima dan Ha ditolak. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara belajar siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran kooperatif Numbered Head Together dengan model pembelajaran kooperatif tipe Snowball Throwing pada sub materi Struktur dan Fungsi Sel di kelas XI SMA Negeri 11 Medan T.P. 2016/2017.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2017 BIO 010
Keywords: Hasil belajar; Numbered head together; Snowball throwing
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 22 Feb 2017 08:48
Last Modified: 22 Feb 2017 08:48
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/23159

Actions (login required)

View Item
View Item