Berutu, Nurul Afni (2017) PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIFE TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER DENGAN SNOWBALL THROWING PADA SUB MATERI STRUKTUR DAN FUNGSI SEL DI KELAS XI SMA NEGERI 11 MEDAN T.P 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 4123341035 COVER.pdf - Published Version
Download (67kB) | Preview
2. NIM. 4123341035 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (160kB) | Preview
3. NIM. 4123341035 ABSTRACK.pdf - Published Version
Download (167kB) | Preview
4. NIM. 4123341035 PREFACE.pdf - Published Version
Download (310kB) | Preview
5. NIM. 4123341035 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (96kB) | Preview
6. NIM. 4123341035 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (126kB) | Preview
7. NIM. 4123341035 TABLE.pdf - Published Version
Download (126kB) | Preview
8. NIM. 4123341035 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (128kB) | Preview
9. NIM. 4123341035 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (475kB) | Preview
13. NIM. 4123341035 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (195kB) | Preview
14. NIM. 4123341035 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (172kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together dengan Snowball Throwing pada sub materi Struktur dan Fungsi Sel di kelas XI SMA Negeri 11 Medan tahun pembelajaran 2016/2017. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas XI SMA Negeri 11 Medan yang terdistribusi atas 5 kelas dengan jumlah 202 orang sedangkan sampel yang diambil sebanyak dua kelas yaitu kelas XI IPA4 dan kelas XI IPA6 yang diambil secara random sampling dimana kelas XI IPA4 diajar menggunakan model pembelajaran kooperatif Numbered Head Together sedangkan kelas XI IPA6 diajar menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Snowball Throwing. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Instrumen yang digunakan pada penelitian adalah tes objektif 30 soal dari 50 soal yang telah diuji validitasnya. Berdasarkan hasil uji persyaratan analisis data kedua kelas sampel dinyatakan berdistribusi normal dan homogen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together lebih tinggi dengan rata-rata sebesar 76.5 dibanding hasil belajar belajar siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Snowball Throwing dengan rata-rata sebesar 66. Adanya perbedaan tersebut juga terbukti melalui pengujian hipotesis dengan menggunakan uji-t dengan taraf signifikan α = 0,05, dimana thitung > ttabel (6.54 > 1.66) yang berarti dalam penelitian ini Ha diterima dan Ha ditolak. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara belajar siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran kooperatif Numbered Head Together dengan model pembelajaran kooperatif tipe Snowball Throwing pada sub materi Struktur dan Fungsi Sel di kelas XI SMA Negeri 11 Medan T.P. 2016/2017.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 BIO 010 |
Keywords: | Hasil belajar; Numbered head together; Snowball throwing |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 22 Feb 2017 08:48 |
Last Modified: | 22 Feb 2017 08:48 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/23159 |