Suryana, Emi (2017) IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN BERBASIS LEMBAR KERJA SISWA (LKS) DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK PADA PEMBELAJARAN BIOLOGI DI SMA NEGERI 5 MEDAN T.P 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 4121141006 COVER.pdf - Published Version
Download (64kB) | Preview
2. NIM. 4121141006 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (157kB) | Preview
3. NIM. 4121141006 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (170kB) | Preview
4. NIM. 4121141006 PREFACE.pdf - Published Version
Download (236kB) | Preview
5. NIM. 4121141006 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (214kB) | Preview
6. NIM. 4121141006 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (127kB) | Preview
7. NIM. 4121141006 TABLES.pdf - Published Version
Download (126kB) | Preview
8. NIM. 4121141006 DIAGRAM.pdf - Published Version
Download (125kB) | Preview
9. NIM. 4121141006 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (126kB) | Preview
10. NIM. 4121141006 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (359kB) | Preview
14. NIM. 4121141006 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (129kB) | Preview
15. NIM. 4121141006 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (245kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengimplementasikan pembelajaran berbasis lembar kerja siswa (LKS) dengan pendekatan saintifik dalam pembelajaran biologi. Penelitian ini juga bertujuan untuk memperoleh data hasil belajar siswa dalam aspek kognitif dan afektif. Jenis penelitian ini adalah eksperimen dan dilaksanakan dalam 2 kali pertemuan. Data yang diperoleh dalam penelitian ini meliputi hasil belajar siswa dalam aspek kognitif yang diambil dari pemberian test pada awal dan akhir pembelajaran sebanyak 25 soal, dalam aspek afektif diambil dengan cara observasi oleh 3 orang observer. Hasil analisis data menunjukkan bahwa rata-rata hasil belajar siswa dalam aspek kognitif yaitu 80 dengan kualifikasi baik. Pada aspek afektif, nilai rata-rata pada pertemuan pertama yaitu 77,5 dengan kualifikasi cukup dan nilai rata-rata pada pertemuan kedua yaitu 80,5 dengan kualifikasi baik. Berdasarkan hasil penelitian, implementasi pembelajaran berbasis lembar kerja Siswa dengan pendekatan saintifik sangat baik digunakan untuk meningkatkan hasil belajar di SMA Negeri 5 Medan pada pembelajaran biologi dengan materi struktur dan fungsi sel tahun pelajaran 2016/2017.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 BIO 014 |
Keywords: | LKS; Kognitif; Afektif |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 22 Feb 2017 08:16 |
Last Modified: | 22 Feb 2017 08:16 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/23153 |