Sinaga, Veronika (2017) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SCIENTIFIC INQUIRY BERBANTU MACROMEDIA FLASH 8 TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DI KELAS X SMAN 2 MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 4123121087 COVER.pdf - Published Version
Download (61kB) | Preview
2. NIM 4123121078 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (281kB) | Preview
3. NIM 4123121078 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (50kB) | Preview
4. NIM 4123121078 PREFACE.pdf - Published Version
Download (409kB) | Preview
5. NIM 4123121078 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (340kB) | Preview
6. NIM 4123121078 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (125kB) | Preview
7. NIM 4123121078 TABLES.pdf - Published Version
Download (231kB) | Preview
8. NIM 4123121078 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (200kB) | Preview
9. NIM 4123121078 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (355kB) | Preview
13. NIM 4123121078 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (127kB) | Preview
14. NIM 4123121078 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (180kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran scientific inquiry berbantu macromedia flash 8 terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok suhu dan kalor di kelas X SMA Negeri 2 Medan. Jenis penelitian ini adalah quasi experiment. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas X MIA Semester II yang terdiri dari 16 kelas. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara cluster random sampling. Kelas X-MIA 4 sebagai sampel dengan model pembelajaran scientific inquiry berbantu macromedia flash 8 dan kelas X-MIA 5 sebagai sampel dengan pembelajaran konvensional menggunakan macromedia flash 8. Instrumen penelitian ada 2 macam, yaitu instrumen berupa essay test yang berjumlah 10 soal dan instrumen lembar penilaian observasi sikap dan keterampilan siswa. Dari data hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata pretes kelas eksperimen = 24,8 dan nilai rata-rata pretes kelas kontrol = 24,67. Pengujian data pretes melalui uji normalitas menunjukkan kedua sampel berdistribusi normal. Pada uji homogenitas diperoleh bahwa kedua sampel berasal dari kelompok yang homogen. Hasil analisis data melalui t dua pihak menunjukkan kedua kelas memiliki kemampuan awal yang sama. Nilai rata-rata postes kelas eksperimen = 77,63 dan nilai rata-rata postes kelas kontrol = 58,03. Dari hasil pengolahan data postes melalui uji t satu pihak diperoleh bahwa ada perbedaan hasil belajar akibat pengaruh penerapan model pembelajaran scientific inquiry, sehingga Ha diterima, yakni ada pengaruh signifikan dari model pembelajaran scientific inquiry berbantu macromedia flash 8 terhadap hasil belajar siswa di kelas X SMAN 2 Medan. Hasil observasi sikap dan keterampilan menunjukkan bahwa sikap belajar dan keterampilan belajar siswa meningkat dari pertemuan pertama hingga pertemuan keempat. Hal ini menunjukkan bahwa sikap belajar dan keterampilan belajar siswa dengan model pembelajaran scientific inquiry lebih baik dari pembelajaran konvensional.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 FIS 008 |
Keywords: | Scientific inquiry; Macromedia flash 8; Hasil belajar; Sikap belajar; Keterampilan belajar |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QC Physics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 22 Feb 2017 05:22 |
Last Modified: | 22 Feb 2017 05:22 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/23148 |